Menstruasi dan Air Es

” Kamu baru dapet?? Aduh jangan minum Es dong nanti darahnya jadi kental trus bikin penyakit Tumor Rahim Lho!!!” Ujar salah seorang teman ketika saya hendak membeli Es Jeruk di Kantin sekolah. Memang itu sebuah mitos yang mungkin sudah lama ada didalam pikiran……kita. Ketika seorang wanita meminum air Es ketika dirinya sedang haid atau menstruasi maka darah akan mengental dirahim lalu akan membentuk tumor dirahim. Bagi saya yang hanya seorang pelajar ini tentu hanya bisa antara percaya tidak percaya tentang mitos itu. Saya awalnya percaya karena saya juga pernah diberitahu tentang hal itu oleh nenek saya, yah namanya juga mitos pasti sudah ada sejak dahulu kala entah siapa yang memulai. Namun disisi lain saya juga tidak percaya karena menurut guru Biologi saya tak ada hubungan khusus antara rahim dan minum air es yang dingin. Menstruasi berhubungan dengan hormon yang ada di tubuh kita, namanya hormon estrogen. Saat menstruasi dinding rahim melebur karena sel telur tidak dibuahi. Tumor/ kanker rahim [pun tak ada hubungannya dengan air es.Selain itu salah satu penyebab kanker rahim adalah meningkatnya hormon ekstrogen hinnga menyebabkan penebalan epitel di dinding rahim,dan tentu saja semua itu tak ada hubungannya dengan minum air es. Yah jadi menurut saya minum es saat haid, boleh-boleh saja,mengapa tidak???  

Share:

4 comments

  1. Ach!!! masa sich??
    aku minum es terus bisa kangker rahim gak ya??
    kalo gitu aku mulai sekarang gak minum es ah kalo bayar.....^_^

    ReplyDelete
  2. haha tapi kalo mnum es kebanyaka juga ga baek too megg,,, ntar masuk angin / plek

    ReplyDelete
  3. @ mas nicko " wahh butul itu..kalo bayar gag usah beli es ,btw hebat bener, dirimu punya rahim.ckckck

    ReplyDelete
  4. @ bhuy " hehehe,,iya sih,biar ga meriang mulu :p

    ReplyDelete