Catatan Harian Mega

Tuesday, October 19, 2010

no image

Menghilangkan pilihan boot windows XP

Yaa walau bukan pengguna windows XP, saya sangat sering ketemu sama OS satu ini. Kebetulan kemarin ada temen yang minta tolong install OS, karena agak lupa dan sedikit kesalahan teknis bikin netbook nya jadi muncul tampilan dual boot, walaupun yang satu nya udah diuninstall tapi kok tetap muncul yaa?
naaah setelah ubrak-abrik di internet, dapat juga deh cara menghilangkan pilihannya.
1. Klik kanan di icon my computer,pilih properties. Muncul jendela kecil, pilih tab Advance#
2. Setelah itu cari Start Up and Recovery, pilih Setting lalu edit, akan muncul file boot.ini. Tulisannya seperti ini :

[boot loader]
timeout=30
default=multi(0)disk(0)rdisk(0)partition(1)\WINDOWS
[operating systems]
multi(0)disk(0)rdisk(0)partition(1)\WINDOWS=”Microsoft Windows XP Professional” /noexecute=optin /fastdetect
multi(0)disk(0)rdisk(1)partition(1)\WINDOWS=”Microsoft Windows XP Professional” /noexecute=optin /fastdetect


3. Untuk mengantisipasi adanya kesalahan, backup dulu file tadi.
4. Hapus tulisan seperti yang saya warnai merah
5. Save dan restart
6. Pilihan dual boot sudah hilang dahh... :D

Friday, October 15, 2010

no image

Terbaik diantara yang terbaik

Hari itu aku terluka dan tidak bisa memaafkannya. Harapanku sudah terlalu besar dan tidak ada yang ku inginkan selain dirinya. Tapi haruskah melepaskannya? TIDAK! aku tidak boleh melepaskannya. Aku ingin dia, tidak mau yang lain.

Waktu terus berlalu, dan kupikir waktu bisa menghapus sosok dan pribadinya dalam hidupku, kenyataannya tidak. Dia sosok yang tidak tergantikan dalam hidupku. Meski dia tidak pernah mengutarakan secara langsung kalau dia suka, dari sikapnya sangat terlihat bahwa dia berada dipersimpangan. Binggung harus memutuskan jalan mana yang harus dipilihnya.

Memang pernah sekali diucapkannya kata itu, tetapi karena sikapku yang kurang dewasa, tidak terlalu menanggapi perkataan itu. Ya itu, kedewasaan...!!! sikap itu justru muncul belakangan disaat semuanya hilang dalam hidupku. Paling tidak sekarang cara berpikirku berbeda dari sebelumnya. Aku mau belajar dewasa, dia telah membuatku dewasa dengan berjalan seorang diri.

Saat ini yang ada dalam pikiranku adalah bagaimana menemukan yang terbaik. Dimana aku harus mencarinya? bagai mencari jarum dalam jerami, sulit untuk menemukannya. Aku harus menemukan jarum itu, dan akan ku jaga selamanya. Hari demi hari tiap helai jerami telah ku pisahkan, tetapi jarum itu belum juga ku temukan. Ada perasaan putus asa dan menyerah, apa memang tidak bisa mendapatkan yang terbaik? dimana yang terbaik itu?

Sampai akhirnya ku temukan jarum itu ketika jarum itu melukai tanganku. Luka ini tidak sebanding dengan pengorbananku mencarinya setelah sekian lama. Ya, aku harus menjaganya. Tapi jarum itu melukaiku sekali lagi. Kenapa harus selalu terluka untuk mendapatkan cinta, apa tidak bisa merasakan cinta tanpa harus mengalami luka???

Hingga suatu saat Tuhan dalam hidupku dan berkata, "Masih ingatkah engkau bagaimana Aku memberikan pasangan kepada Adam? Aku menyuruhnya untuk tidur, tugasnya hanya memberi nama setiap pasangan hewan yang ada di taman Eden. Sementara Adam tidur, Aku mencabut bagian kecil dari tulang rusuknya dan membentuk seorang wanita bernama Hawa. Tahukah engkau mengapa tulang rusuk? tulang rusuk adalah bagian yang paling kuat dalam tubuh manusia. Tulang rusuk yang menopang tubuh manusia.

Begitu juga jika engkau inginkan sesuatu yang terbaik, yang kuat dan yang bisa menopang hidupmu, "tidurlah", ... biarkan Aku yang menarik bagian itu dalam hidupmu dan akan menjadikannya bagimu. Tidur artinya tidak kuatir, tidak berusaha mencari sendiri tanpa bantuanKu dan percayakan sepenuhnya padaKu.

Jika saat ini engkau belum mendapatkan yang terbaik, itu karena engkau belum butuh. Aku akan memberikan saat melihat dirimu sudah siap dan tidak terluka lagi. Jangan membangun hubungan dengan hati yang masih terluka, karena itu akan melukai pasanganmu. Percayakan semuanya padaku. Jika pasanganmu sudah jadi, aku akan membangunkanmu dan akan memberikannya kepadamu.Maukah engkau percaya kepada-Ku? tanpa kuatir dan tanpa bimbang? Jangan memilih sendiri, biarkan Aku yang memilihkannya untukmu. Sebab hanya Aku yang mengetahui siapa yang adalah bagian dari hidupmu dan bisa menopang dan menyempurnakan hidupmu. Sehingga jika engkau sudah bersatu, pekerjaanmu akan lebih ringan sebab kekuatanmu bertambah 10 kali lipat. Sekali lagi Aku bertanya, maukah engkau percaya kepada-Ku?"

Saat itu aku termenung, terdiam dan inilah jawaban yang selama ini ku tunggu. Jika aku tidak bisa percaya kepada Tuhan dalam hal yang sangat penting ini, maka bahaya sudah mengancam dan kemungkinan akan terluka lagi bahkan melukai banyak orang yang mengasihiku.Aku harus sembuh, perkataanNya telah menyembuhkanku. "Aku mau Tuhan, Aku percaya...." Aku mau "tidur" dan bekerjalah didalamku. Dan bangunkan aku jika "hawa-ku" telah ada.

MENUNGGU TANPA HARUS KEHILANGAN IMAN

PERCAYA ARTINYA BERSERAH PENUH

KITA MENGERJAKAN BAGIAN KITA,

TUHAN AKAN MENGERJAKAN BAGIANNYA.

AKU MEMILIH UNTUK TIDAK KUATIR LAGI.

Yesterday is history, tommorow is mistery, today is a gift! That’s why it’s called the present!

Terimakasih banyak buat sodara Budi777 benar-benar menampar saya (lebay.com hhee ) yaa..Menunggu tanpa kehilangan iman. Really inspired me ! Thankyou somuch :-)

Friday, August 27, 2010

no image

Ikhlas



Kita terutama saya saat ini, tentu pernah berada didalam suatu kondisi yang sangat sulit,

ketika sesuatu yang kita harapkan tidak menjadi suatu kenyataan, 

atau ketika keyakinan kita akan sesuatu hal ternyata harus pupus ditengah jalan. 

Saat itu perasaan kecewa,sedih,marah dan macam-macam emosi negative menguasai kita. 

Kalau saya sendiri biasanya akan membagi semua keluh kesah saya, entah di buku diary,atau bercerita keteman dekat. Satu yang sering saya dengar dari komentar teman saya,dan bahkan saya sendiri ketika ada teman yang mencurahkan isi hatinya adalah kata "sabar dan ikhlaskan".

Oke saya akui saya juga sering mengatakan hal tersebut,ketika ada yang berbagi tentang masalahnya. Dan ternyata eh ternyata kata-kata itu tidak semudah pengucapannya,ya paling tidak bagi saya . 

Ketika bertemu dengan sebuah kekecewaan biasanya pikiran saya akan langsung berkata 

"sabar megh,ikhlaskan semuanya,"

tapi penerapanya  sulit. 

Saat mengalami kesulitan saya mulai berfikir. Disaat saya ada diposisi harus mengikhlaskan suatu keadaan , saya pikir sebenarnya itu bukan hal sulit. Ketika saya berkata "ikhlaskan megh!" maka saat itu juga saya ingin tak ada keraguan,kekhawatiran,ketakutan,dll. Saat saya mengajak diri saya sendiri untuk ikhlas, maka disanalah muncul sebuah keyakinan. Keyakinan yang kuat melebihi dan menutupi sebuah kekecewaan. Keyakinan pada sesuatu yang pasti.

Dan tentu sebenar-benar keyakinan adalah keyakinan pada Tuhan. Kunci ilmu ikhlas adalah yakin kepada Tuhan, sang pencipta dam pemilik jiwa, raga dan hati ini. Percaya dan yakin akan kuasanya. Saya hidup,dan bisa sampai seperti saat ini berkat kuasa Tuhan. Segala kenikmatan ini berasal dari Tuhan,hanya sering saya kurang bersyukur. 

Nikmat apalagi yang akan saya dustakan ? Tuhan selalu memberikan yang terbaik, dan dengan keyakinan itu kata ikhlas pasti akan lebih mudah diterapkan.


Dan yang lebih menarik, keyakinan pada Tuhan dan segala kuasa-NYA juga membutuhkan keikhlasan. Ini berkaitan dengan  penggunaan ikhlas dalam tiap langkah kehidupan kita.  Keyakinan pada Tuhan itu sesuatu yang juga wajib ada di kehidupan bukan???

Jika saya yakin dengan Tuhan dalam tiap langkah saya,dalam tiap usaha dan perjuangan ,dan bahkan dalam ibadah saya, maka semua itu harus dibersamai dengan rasa ikhlas. Tuhan itu maha Mengetahui,bahkan dia akan mengetahui apa yang ada disudut pikiran yang ditutupi. Dia maha adil dan DIAlah pemilik manusia.

Tidak peduli tentang konsep surga dan neraka, hanya berusaha melakukan segalanya dengan penuh keyakinan dan rasa syukur pada Tuhan. Masalah amal kita diterima atau tidak kan urusan yang Punya Timbangan. So..tugas nya cuma do my best, dengan batas-batas yang sudah Tuhan kasih di kitab sucinya.

Jadi intinya ikhlas itu mudah, asal saya mau memulainya dengan yakin ke Tuhan,dialah Yang Maha Mengetahui lagi Maha Adil. Dengan perasaan yakin kata ikhlas bukan lagi hal sulit, hingga tak perlu lagi sakit hati, merasa dalam kondisi sangat lemah dan berat, sedih, galau, dan kawan-kawanya. 


*maap kalo mbulet-mbulet, ini hanya pemikiran saya saja dan catatan untuk saya pribadi :)

Friday, August 13, 2010

no image

Daftar Akreditasi UNY

Berikut adalah daftar akreditasi untuk Universitas Negri Yogyakarta / UNY . Semoga bermanfaat

No.RegionLevelCollegeProgrammeDecrees No.Years DecreeRankExpired
1 05 S1 Univ. Negeri Yogyakarta (UNY), Yogyakarta Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik 001 1998 B 2003-08-11
2 05 S1 Univ. Negeri Yogyakarta (UNY), Yogyakarta Pendidikan Kesejahteraan Keluarga 012 2004 A 2009-04-16
3 05 D-II Univ. Negeri Yogyakarta (UNY), Yogyakarta Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) 001 2004 B 2009-01-09
4 05 S1 Univ. Negeri Yogyakarta (UNY), Yogyakarta Pendidikan Seni Rupa 040 2004 B 2009-09-10
5 05 S1 Univ. Negeri Yogyakarta (UNY), Yogyakarta Pendidikan Teknik Bangunan 012 2004 B 2009-04-16
6 05 D-III Univ. Negeri Yogyakarta (UNY), Yogyakarta Teknik Otomotif 005 2004 B 2009-06-17
7 05 S1 Univ. Negeri Yogyakarta (UNY), Yogyakarta Pendidikan Luar Sekolah 015 2005 A 2010-08-25
8 05 S1 Univ. Negeri Yogyakarta (UNY), Yogyakarta Bahasa dan Sastra Inggris 017 2005 A 2010-10-13
9 05 S1 Univ. Negeri Yogyakarta (UNY), Yogyakarta Pendidikan Luar Biasa 007 2005 A 2010-06-08
10 05 S1 Univ. Negeri Yogyakarta (UNY), Yogyakarta Pendidikan Teknik Elektro 015 2005 A 2010-08-25
11 05 S2 Univ. Negeri Yogyakarta (UNY), Yogyakarta Pendidikan Teknologi dan Kejuruan 011 2005 A 2010-12-08
12 05 S2 Univ. Negeri Yogyakarta (UNY), Yogyakarta Penelitian dan Evaluasi Pendidikan 011 2005 A 2010-12-08
13 05 S1 Univ. Negeri Yogyakarta (UNY), Yogyakarta Bahasa dan Sastra Indonesia 020 2005 B 2010-10-27
14 05 S1 Univ. Negeri Yogyakarta (UNY), Yogyakarta Pendidikan Bahasa Perancis 020 2005 B 2010-10-27
15 05 S1 Univ. Negeri Yogyakarta (UNY), Yogyakarta Pendidikan Teknik Mesin 014 2005 B 2010-08-04
16 05 S1 Univ. Negeri Yogyakarta (UNY), Yogyakarta Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi 002 2006 A 2011-05-11
17 05 S1 Univ. Negeri Yogyakarta (UNY), Yogyakarta Pendidikan Administrasi Perkantoran 018 2006 A 2011-11-02
18 05 S1 Univ. Negeri Yogyakarta (UNY), Yogyakarta Ilmu Keolahragaan 002 2006 A 2011-05-11
19 05 S1 Univ. Negeri Yogyakarta (UNY), Yogyakarta Pendidikan Matematika 020 2006 A 2011-12-16
20 05 S1 Univ. Negeri Yogyakarta (UNY), Yogyakarta Pendidikan Kepelatihan dan Olah Raga 005 2006 A 2011-06-15
21 05 S1 Univ. Negeri Yogyakarta (UNY), Yogyakarta Pendidikan Bahasa Jawa 017 2006 B 2011-10-19
22 05 S1 Univ. Negeri Yogyakarta (UNY), Yogyakarta Pendidikan Fisika 026 2006 B 2011-01-12
23 05 S1 Univ. Negeri Yogyakarta (UNY), Yogyakarta Pendidikan Bahasa Jerman 004 2006 B 2011-06-01
24 05 S1 Univ. Negeri Yogyakarta (UNY), Yogyakarta Teknologi Pendidikan 035 2006 B 2011-03-02
25 05 D-II Univ. Negeri Yogyakarta (UNY), Yogyakarta Pendidikan Guru Taman Kanak-kanak (PGTK) 006 2006 B 2011-02-16
26 05 S2 Univ. Negeri Yogyakarta (UNY), Yogyakarta Pendidikan Linguistik Terapan 014 2006 B 2011-01-12
27 05 S1 Univ. Negeri Yogyakarta (UNY), Yogyakarta Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 007 2007 A 2011-11-02
28 05 S1 Univ. Negeri Yogyakarta (UNY), Yogyakarta Pendidikan Ekonomi 011 2007 A 2012-05-26
29 05 S1 Univ. Negeri Yogyakarta (UNY), Yogyakarta Manajemen Pendidikan 020 2007 A 2012-09-07
30 05 S1 Univ. Negeri Yogyakarta (UNY), Yogyakarta Bimbingan dan Konseling (BK) 011 2007 A 2012-05-26
31 05 S1 Univ. Negeri Yogyakarta (UNY), Yogyakarta Pendidikan Akuntansi 016 2007 A 2012-08-03
32 05 S1 Univ. Negeri Yogyakarta (UNY), Yogyakarta Manajemen 016 2007 A 2012-08-03
33 05 S3 Univ. Negeri Yogyakarta (UNY), Yogyakarta Penelitian dan Evaluasi Pendidikan 002 2007 A 2012-02-10
34 05 D-II Univ. Negeri Yogyakarta (UNY), Yogyakarta PGSD Pendidikan Jasmani 002 2007 B 2012-08-11
35 05 S1 Univ. Negeri Yogyakarta (UNY), Yogyakarta Pendidikan Seni Kerajinan 019 2007 B 2012-08-25
36 05 D-III Univ. Negeri Yogyakarta (UNY), Yogyakarta Teknik Sipil 007 2007 B 2012-08-11
37 05 S1 Univ. Negeri Yogyakarta (UNY), Yogyakarta Pendidikan Seni Tari 012 2007 B 2012-06-09
38 05 S1 Univ. Negeri Yogyakarta (UNY), Yogyakarta Ilmu Sejarah 011 2007 B 2012-05-26
39 05 S1 Univ. Negeri Yogyakarta (UNY), Yogyakarta Pendidikan Sejarah 016 2008 A 2013-08-03
40 05 S1 Univ. Negeri Yogyakarta (UNY), Yogyakarta Pendidikan Biologi 024 2008 A 2013-10-10
41 05 S1 Univ. Negeri Yogyakarta (UNY), Yogyakarta Pendidikan Kimia 027 2008 A 2013-10-30
42 05 S1 Univ. Negeri Yogyakarta (UNY), Yogyakarta Matematika 020 2008 B 2013-08-29
43 05 S1 Univ. Negeri Yogyakarta (UNY), Yogyakarta Kimia 020 2008 B 2013-08-29
44 05 D-III Univ. Negeri Yogyakarta (UNY), Yogyakarta Akuntansi 009 2008 B 2013-08-03
45 05 D-III Univ. Negeri Yogyakarta (UNY), Yogyakarta Teknik Elektro 023 2008 B 2013-11-28
46 05 S1 Univ. Negeri Yogyakarta (UNY), Yogyakarta Biologi 020 2008 B 2013-08-29
47 05 S1 Univ. Negeri Yogyakarta (UNY), Yogyakarta Pendidikan Bahasa Inggris 017 2008 B 2013-08-09
48 05 S1 Univ. Negeri Yogyakarta (UNY), Yogyakarta Pendidikan Sosiologi 014 2008 B 2013-07-05
49 05 S1 Univ. Negeri Yogyakarta (UNY), Yogyakarta Fisika 020 2008 B 2013-08-29
50 05 D-III Univ. Negeri Yogyakarta (UNY), Yogyakarta Teknik Elektronika 015 2008 B 2013-09-12
51 05 D-III Univ. Negeri Yogyakarta (UNY), Yogyakarta Pemasaran 009 2008 B 2013-08-03
52 05 S2 Univ. Negeri Yogyakarta (UNY), Yogyakarta Teknologi Pembelajaran 026 2008 B 2013-01-12
53 05 D-III Univ. Negeri Yogyakarta (UNY), Yogyakarta Sekretari 003 2008 C 2013-05-31
54 05 D-III Univ. Negeri Yogyakarta (UNY), Yogyakarta Teknik Boga 015 2009 A 2014-07-31
55 05 S2 Univ. Negeri Yogyakarta (UNY), Yogyakarta Manajemen Pendidikan 022 2009 A 2014-02-20
56 05 S1 Univ. Negeri Yogyakarta (UNY), Yogyakarta Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) 026 2009 B 2014-09-05
57 05 S1 Univ. Negeri Yogyakarta (UNY), Yogyakarta Pendidikan Seni Musik 021 2009 B 2014-07-31
58 05 D-III Univ. Negeri Yogyakarta (UNY), Yogyakarta Teknik Mesin 012 2009 B 2014-07-17
59 05 D-III Univ. Negeri Yogyakarta (UNY), Yogyakarta Teknik Busana 015 2009 B 2014-07-31
60 05 S1 Univ. Negeri Yogyakarta (UNY), Yogyakarta Pendidikan Geografi 036 2009 B 2014-11-20
61 05 S2 Univ. Negeri Yogyakarta (UNY), Yogyakarta Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) 022 2009 B 2014-02-20
62 05 S1 Univ. Negeri Yogyakarta (UNY), Yogyakarta Akuntansi 002 2009 C 2014-04-02
63 05 S2 Univ. Negeri Yogyakarta (UNY), Yogyakarta Pendidikan Sains 019 2009 C 2014-01-10
64 05 S1 Univ. Negeri Yogyakarta (UNY), Yogyakarta Pendidikan Teknik Boga 042 2010 A 2015-01-22
65 05 S2 Univ. Negeri Yogyakarta (UNY), Yogyakarta Pendidikan Luar Sekolah 001 2010 B 2015-01-08

no image

Akreditasi UIN / IAIN

Berikut adalah daftar jurusan di UIN beserta akreditasinya,

No.RegionLevelCollegeProgrammeDecrees No.Years DecreeRankExpired
1 05 S2 Univ. Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga, Yogyakarta Aqidah Filsafat 025 2000 U 2005-09-13
2 05 S1 Univ. Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga, Yogyakarta Sosiologi Agama 020 2005 C 2008-10-27
3 05 S1 Univ. Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga, Yogyakarta Bahasa dan Sastra Arab 020 2005 A 2010-10-27
4 05 S1 Univ. Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga, Yogyakarta Perbandingan Agama 020 2005 A 2010-10-27
5 05 S1 Univ. Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga, Yogyakarta Perbandingan Mazhab dan Hukum 024 2005 A 2010-12-27
6 05 S1 Univ. Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga, Yogyakarta Keuangan Islam 024 2005 A 2010-12-27
7 05 S1 Univ. Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga, Yogyakarta Pendidikan Bahasa Arab 020 2005 A 2010-10-27
8 05 S1 Univ. Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga, Yogyakarta Tafsir Hadist 024 2005 A 2010-12-27
9 05 S1 Univ. Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga, Yogyakarta Muamalat 017 2005 A 2010-10-13
10 05 S1 Univ. Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga, Yogyakarta Pendidikan Agama Islam 016 2005 A 2010-09-30
11 05 S1 Univ. Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga, Yogyakarta Bimbingan dan Penyuluhan Agama Islam 020 2005 A 2010-10-27
12 05 S1 Univ. Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga, Yogyakarta Aqidah Filsafat 020 2005 A 2010-10-27
13 05 S1 Univ. Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga, Yogyakarta Jinayah Siyasah 020 2005 A 2010-10-27
14 05 S1 Univ. Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga, Yogyakarta Ahwal Al-Syakhshiyyah 020 2005 B 2010-10-27
15 05 S1 Univ. Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga, Yogyakarta Sejarah dan Kebudayaan Islam 020 2005 B 2010-10-27
16 05 S1 Univ. Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga, Yogyakarta Studi Pengembangan Masyarakat Islam 020 2005 B 2010-10-27
17 05 S1 Univ. Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga, Yogyakarta Komunikasi dan Penyiaran Islam 011 2008 A 2013-06-20
18 05 S1 Univ. Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga, Yogyakarta Kependidikan Islam 009 2008 A 2013-06-06
19 05 S1 Univ. Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga, Yogyakarta Ilmu Perpustakaan 001 2008 B 2013-04-18
20 05 S1 Univ. Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga, Yogyakarta Manajemen Dakwah 014 2008 B 2013-07-05
21 05 D-III Univ. Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga, Yogyakarta Perpustakaan dan Informasi Islam 003 2008 B 2013-05-31
22 05 S1 Univ. Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga, Yogyakarta Ilmu Komunikasi 027 2008 B 2013-10-30
23 05 S1 Univ. Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga, Yogyakarta Pendidikan Biologi 001 2008 B 2013-04-18
24 05 S1 Univ. Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga, Yogyakarta Pendidikan Fisika 008 2008 B 2013-05-31
25 05 S1 Univ. Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga, Yogyakarta Biologi 002 2008 C 2013-04-26
26 05 S1 Univ. Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga, Yogyakarta Pendidikan Matematika 003 2008 C 2013-05-02
27 05 S1 Univ. Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga, Yogyakarta Pendidikan Kimia 011 2008 C 2013-06-20
28 05 S1 Univ. Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga, Yogyakarta Kimia 010 2008 C 2013-06-13
29 05 S1 Univ. Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga, Yogyakarta Matematika 003 2008 C 2013-05-02
30 05 S1 Univ. Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga, Yogyakarta Teknik Industri 012 2008 C 2013-06-28
31 05 S1 Univ. Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga, Yogyakarta Sosiologi 010 2008 C 2013-06-13
32 05 S1 Univ. Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga, Yogyakarta Teknik Informatika 012 2008 C 2013-06-28
33 05 S3 Univ. Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga, Yogyakarta Studi Islam 011 2009 A 2014-01-10
34 05 S2 Univ. Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga, Yogyakarta Pendidikan Islam 003 2009 A 2014-05-29
35 05 S2 Univ. Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga, Yogyakarta Agama dan Filsafat 002 2009 B 2014-05-23
36 05 S1 Univ. Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga, Yogyakarta Fisika 003 2009 C 2014-04-11
37 05 S1 Univ. Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga, Yogyakarta Psikologi 002 2009 C 2014-04-02
38 05 S2 Univ. Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga, Yogyakarta Hukum Islam 020 2010 A 2015-01-22

Wednesday, August 04, 2010

Kenapa saya tidak ayu?

Kenapa saya tidak ayu?

Akhir-akhir ini saya baru disibukan beberapa seminar gratis yang sengaja diikuti buat ngisi waktu luang. Sekalian ngisi kegiatan biar ndak inget terus abis diputus pacar haha. Nah kemaren sempet ikut seminar tiga hari. Acaranya seharian full mbahas tentang tes-tes dan kiat menghadapi ujian, scara psikolog, agama, dll. Keren dah acaranya. Apalagi peserta yang ikut itu hampir dari perbagai daerah di Indonesia. Saya seperti biasa cuma sendirian ikut acara beginian, ya kalau ada temen biasanya saya bakal asyik ngobrol sama temen sendiri, tapi kalo sendiri lebih asyiknya pasti bakal akrab sama sebelah kanan, sebelah kiri, depan dan belakang.

Haha..ya sebenernya cuma pembelaan dikit sih, sebenernya emang nggak ada temen yang mau pas saya ajak ikut acara itu.
Nah karena kebiasaan yang sok akrab+suka nambah temen ala mega, kenalan lah sama sebelah-sebelah yang jg antusias ngikutin acara itu. Duduk sebelah mega ada anak dari Sekayu, namanya Lisa. Pas istirahat ngobrol-ngobrol lah kita, ada yang dari NTT, jogja, purbalingga, purwakerta, sumatra, aceh, komplit dah.
Eh pas makan siang mega diajak bareng tuh sama Lisa, dia trus manggil temennya yang sama-sama dari Sekayu .
"ayu..kenalin ini mega, dari jogja ! Kita besok belajar bareng ya ayu sama mega"
Nah saya cuma senyum sama temen lisa baru ini soalnya dia kayaknya baru ribet+ndak mau kenal lebih deket sama saya hahha ya mungkin minder sama kharisma saya hohohoh .

Oh..namanya ayu ujar saya dalam hati , cantik bener dah, mukanya seperti namanya. Apa orang Sekayu itu cantik-cantik gitu ya? haa..masak saya harus ke Sekayu biar bisa cantik =,=) haha..pemikiran bodoh..

berlanjut acara siang itu sampai sore hari. Melelahkan tapi sangat menyenangkan. Esok harinya dihari kedua saya dan teman-teman berkumpul lagi yaa..sedikit banyak sudah akrab dan cukup dekat dengan kawan-kawan baru ini. Dan hari itu saya diajak duduk sebelahan sama Lisa yang dari sekayu yang udah dateng lebih pagi sama temennya yang kemaren dikenalin ke saya. Lagi-lagi pas istirahat, kami ngobrol. Pas Lisa sama Ayu ngobrol saya cuma dengerin aja tuh, aneh nya Ayu manggil Lisa juga dengan panggilan Ayu. Nah saya cuma berfikir saat itu, ya mungkin nama Lisa adalah Ayu Lisa,yaa nama ayu emang pasaran. Eh baru selesai mikir , tiba-tiba Lisa manggil Mbak-mbak Panitia didepan kami.
"Ayu..ini nanti pulang jam berapa ya? Kata ayu yang jaga didepan sampe jam lima bener ndak?"

saya cuma diam dan berfikir, kenapa banyak nama ayu?

Sesaat kemudian Ayu temen Lisa yang juga ayu menyahut pertanyaan Lisa Ayu.
" Iya tapi kemaren aku sms nomer ayu yang ada di contact person katanya cuma sampe jam empat ayu,"

siingg....

saya jadi merasa aneh, kenapa semua ayu? kenapa saya tidak ayu? Saya terasa terasing kan





setelah merasakan,menangis,menyesali,berteriak,menjerit,. semua keterbatasan saya yang tidak ayu ini, saya menyadari saya harus bangkit, saya tidak boleh hanya menyerah dalam ketidak ayu-an saya. Saya adalah Meganingtyas anak yang terlahir seperti ini walau tidak ayu, tapi saya yakin banyak hal yang bisa saya lakukan bahkan melebihi mereka yang ayu. Walau mungkin tertatih untuk meraih semua mimpi saya, saya pasti bisa ! Tidak ayu adalah sebuah hadiah,menjadi berbeda dari mereka dengan tidak ayu bukan untuk melemahkan saya, saya harus bangkit.

dan Senyum lebar menghias bibir saya.
"Loh, mega kenapa senyum sendiri?"
Suara Lisa yang ayu dan diikuti Ayu yang juga Ayu menatap saya keheranan. Saya jadi salah tingkah menggaruk kepala yang tidak gatal dan tidak berketombe karena pakai Sing.. ( Dilarang iklan ya? hehe)
"heheh ndak papa, kok semua namanya Ayu sih Lis?" saya sambil nyengir masi menggaruk kepala saya yah semoga mreka tidak berfikir saya kutuan saat itu.
Mendengar ucapan saya Lisa yang ayu dan juga ayu yang ayu bertatapan lalu tertawa.
"Mega...ayu itu kakak, emm..mbak kalo dalam bahasa jawa,hahahah"
dan saya merasa kepala saya yang tidak gatal tapi tetap digaruk ini ingin lepas dan berlari untuk bersembunyi.

Wednesday, May 12, 2010

no image

Diary Diet 13 hari ( Hari ke 4 )

Hari ke 4

Sudah hari empat? wah cepet juga ya ! :) dan diary diet mega masih berlanjut. Hari ini mega ada acara ke sekolah, katanya sih mau cap tiga jari buat ijazah. Menu sarapan hari ini sepotong ikan Bawal direbus dengan dikasih jeruk nipis. Enak lho ikan nya walau tanpa bumbu tetep berasa gurih. Karena sampai siang bakal di sekolah mega seperti biasa bawa bekal air minum sama buah nanas. Oh iya tadi di sekolah udah nimbang berat badan. Udah turun 5 KG, mega kaget. Semoga target tercapai deh. Amin. Pulang kerumah sudah jam 2.30 bersama gerimis hujan .Alhamdulillah hari ini masih lancar, ditutup dengan makan malam pepaya & jeruk nipis ( lagi :D mega emang seneng sama menu yang satu ini hehehhe )

Tuesday, May 11, 2010

no image

Diary Diet 13 hari ( Hari ke 3 )

Hari ke 3
Sudah hari ke 3 eh ternyata.
Biasa lah sarapan masih dengan teh tawar tapi kali ini ditambah sekalian telur rebus + Bayam karena pagi ini tiba-tiba perut kerasa lapar banget. Mungkin karena baru Datang bulan hari pertama kali ya, mana ditambah kram perut jadi seharian ini cuma tidur glundang-glundung :D hehee. Ga sempat makan pas siang hari gara-gara kram bikin lemes. Sehari cuma minum-minum air putih mulu. Pas malem akhirnya makan buah pisang dari Bude Evi :D . Sudah hari ke 3 , dan masih kuat lho :D go go megh ! !

no image

Diary Diet 13 hari ( Hari ke 2 )

Hari ke - 2

Hari ini sarapan masih dengan teh tawar tapi ditambah sama pepaya + jeruk nipis. Tema hari ini emang baru pepaya sama jeruk nipis. Siang hari karena perut belum kerasa lapar, mega cuma makan semangka .Jam tiga-an itu sudah kerasa deh laper, so ambil telur trus direbus. Sore jam 4 -an beli kacang rebus, dimakan dah buat ngemil, cuma sedikit, gagpapa lah hehee.
Sebenernya sore ini ada rencana mau renang sama dama, tapi karena mendung gag dibolehin deh. Akhirnya memilih untuk batminton sama adek aja.
Malem hari kumat dah pengen ngemil, dan akhirnya makan telur rebus lagi sama pepaya plus jeruk nipis. Alhamdulillah masih lancar :D

Monday, May 10, 2010

no image

Diary Diet 13 hari ( Hari 1 )

Hari I
Pagi-pagi sarapan deh minum teh teh tawar sama telur rebus. Siang hari makan bayem rebus sama tomat 2 buah. Godaan besar datang pas sore hari, ibu masak tongseng jamur mana baunya udah menuhin seluruh ruangan rumah. Tapi masih bisa ditahan. Dan untuk makan malam, megh pilih buah papaya dikasih jeruk nipis. Mantab.
Semoga bisa lancar sampai 13 hari kedepan. amin

Saturday, May 08, 2010

no image

Diary Diet 13, go go go

Setelah selama ini dikejar-kejar disuruh ngecilin badan, akhirnya megh udah bertekad bulat untuk mulai diet. Sebenarnya kemarin dua hari ini udah nyoba diet no salt& rice. Dan terpaksa stop gara-gara oseng-oseng Godong Telo ! =,=
Tapi sekarang udah beneran niat (udah maksa ibu gag masak makanan favoritku buat 13 hari kedepan ) Oh iya diet 13 hari temanya, no salt, no rice. :D target bisa turun 8 KG ! ! ayoo..slow but sure
bisa kah?
insya allah ..
oh iya mega dapet ide ini dari blog orang, hasil searching. kalo menu menurut mereka sih kayak gini :

MENU DIET 13 HARI
PANTANGAN : GARAM (ASIN)
SYARAT :
1. Satu hari minum 8 gelas besar air putih (jangan air es), kurang lebih 2 liter air putih
2. Daging bistik digoreng dalam Danish Butter/Minyak Jagung/Butter unsalted (tawar)
3. Sayuran biasanya 1 ikat bayam, jangan direbus terlalu lama (tanpa garam), dan selada dimakan mentah
4. Makan malam terakhir pk. 18:00
5. Air putih dapat diminum setiap jam
6. Sebaiknya tinggal di rumah karena kita buang air kecil bisa mencapai 8x sehari
7. Buang air besar jarang sekali karena hampir semua makanan diserap oleh tubuh
8. Diet ini hanya menghilangkan lemak, jangan takut ada efek sampingan

KEUNTUNGAN :
1. Diet ini jika diikuti betul-betul (tidak menyimpang sedikitpun), akan menurunkan berat badan anda 7-8 kg
2. Diet ini telah diselidiki bahwa keadaan kimia di dalam tubuh semakin baik, sehingga tidak ada kemungkinan untuk bisa menjadi gemuk lagi
3. Asalkan setelah hari ke-14, makannya secara normal kembali (tidak berlebih-lebihan)
4. Diet ini cukup dilakukan sekali dalam setahun

YANG PERLU DIPERHATIKAN :
Apabila lupa, tiba-tiba makan sesuatu yang menyimpang dari diet ini, misalnya hari ke-4 atau misalnya sudah hampir selesai (hari ke-12), diet ini harus diulang lagi dari hari pertama. Sebab nantinya walaupun berat badan kita turun, tetapi kemungkinan untuk bisa gemuk lagi akan terjadi dengan adanya penyimpangan tersebut.

MENU DIET :
Hari ke-1 dan ke-8 :
Pagi : 1 cangkir kopi/teh dengan 1 sendok gula equal
Siang : 2 butir telur rebus matang + 1 ikat bayam direbus sebentar + 1 buah
tomat segar
Malam : 100 gr daging bistik goreng + slada diberi jeruk citrun/jeruk nipis

Hari ke-2 dan ke-9 :
Pagi : 1 cangkir kopi/teh dengan 1 sendok gula equal
Siang : 60 gr bistik goreng + slada + 1 buah segar
(jeruk/semangka/ belimbing/ jambu raksasa)
Malam : 120 gr ayam kukus + 1 gelas susu nonfat tanpa gula

Hari ke-3 dan ke-10 :
Pagi : 1 cangkir kopi/teh + 1 sendok gula equal + 1 potong roti tawar bakar
Siang : 2 butir telur rebus + 1 buah tomat + 1 buah segar + 1 ikat
bayam/kangkung
Malam : 120 gr ayam kukus + slada yang ditaburi jeruk citrun/nipis

Hari ke-4 dan ke-11 :
Pagi : 1 cangkir kopi/teh + 1 sendok gula equal + 1 potong roti tawar bakar
Siang : 1 telur rebus + 1 wortel (rebus sebentar) + 1 potong keju non fat
Malam : 1 mangkok penuh pepaya ditaburi jeruk citrun/nipis + 1 gelas susu non
fat tanpa gula

Hari ke-5 dan ke-12 :
Pagi : 1 wortel besar mentah diparut kasar ditaburi jeruk nipis
Siang : 120 gr ayam kukus dengan sedikit saus mentega yang tidak asin
Malam : 60 gr bistik goreng (minyak jagung) + selada mentah + bayam direbus sebentar

Hari ke-6 dan ke-13
Pagi : 1 cangkir kopi/teh tanda gula + 1 potong roti tawar bakar
Siang : 120 gr ayam kukus + selada yang ditaburi jeruk nipis
Malam : 2 telur rebus + 1 wortel besar mentah parut ditaburi jeruk nipis

Hari ke-7
Pagi : 1 cangkir kopi/teh tanpa gula equal
Siang : 60 gr bistik goreng + 1 buah segar
Malam : Dilarang Makan

kayak gitu tuh diet aslinya, mega nyoba versi mega ya :) smoga sukses ! !

Thursday, May 06, 2010

no image

[Share] Dan bersyukur lah ^_^

<>
Yang paling ngena buat megh adalah bagian ini :

Jangan hanya mencari siapa kamu, tapi tentukanlah ingin menjadi apa kamu. Berhentilah mencari mengapa saya di sini. Ciptakan tujuan itu. Hidup bukan hanya proses pencarian, tapi sebuah proses penciptaan.


TUHAN : Ini TUHAN. AKU mendengar doamu. Jadi AKU ingin berbincang-bincang denganmu.
.
AKU: Ya, saya memang sering berdoa, hanya agar saya merasa lebih baik. Tapi sekarang saya sedang sibuk, sangat sibuk.

TUHAN : Sedang sibuk apa? Semut juga sibuk.

AKU: Nggak tau ya. Yang pasti saya tidak punya waktu luang sedikitpun.Hidup jadi seperti diburu-buru. Setiap waktu telah menjadi waktu sibuk.

TUHAN : Benar sekali. Aktifitas memberimu kesibukan. Tapi Produktifitas memberimu hasil. Aktifitas memakan waktu, Produktifitas membebaskan waktu.

AKU : Saya mengerti itu. Tapi saya tetap tidak dapat menghidarinya. Sebenarnya, saya tidak mengharapkan TUHAN mengajakku chatting seperti ini.

TUHAN : AKU ingin memecahkan masalahmu dengan waktu, dengan memberimu beberapa petunjuk. Di era internet ini, AKU ingin menggunakan medium yang lebih nyaman untukmu daripada mimpi, misalnya.

AKU: OKE, sekarang beritahu saya, mengapa hidup jadi begitu rumit?

TUHAN : Berhentilah menganalisa hidup. Jalani saja. Analisa-lah yang membuatnya jadi rumit.

AKU: Kalau begitu mengapa kami manusia tidak pernah merasa senang?

TUHAN : Hari ini adalah hari esok yang kamu khawatirkan kemarin. Kamu merasa khawatir karena kamu menganalisa. Merasa khawatir menjadi kebiasaanmu. Karena itulah kamu tidak pernah merasa senang.

AKU:Tapi bagaimana mungkin kita tidak khawatir jika ada begitu banyak ketidakpastian.

TUHAN : Ketidakpastian itu tidak bisa dihindari. Tapi kekhawatiran adalah sebuah pilihan.

AKU : Di dalam saat-saat sulit, bagaimana saya bisa tetap termotivasi?

TUHAN: Selalulah melihat sudah berapa jauh saya berjalan, daripada masih berapa jauh saya harus berjalan. Selalu hitung, yang harus kau syukuri, jangan hitung apa yang tidak kau peroleh.

AKU : Apa yang menarik dari manusia?

TUHAN : Jika menderita, mereka bertanya "Mengapa harus AKU?". Jika

mereka bahagia, tidak ada yang pernah bertanya "Mengapa harus AKU?".


AKU : Kadangkala saya bertanya, siapa saya, mengapa saya disini?

TUHAN : Jangan hanya mencari siapa kamu, tapi tentukanlah ingin menjadi apa kamu. Berhentilah mencari mengapa saya di sini. Ciptakan tujuan itu. Hidup bukan hanya proses pencarian, tapi sebuah proses penciptaan.

Friday, April 30, 2010

Pengumuman Bidik Misi UNY, mungkinkah?

Pengumuman Bidik Misi UNY, mungkinkah?


Bidik misi adalah salah satu program beasiswa yang diberikan oleh DIKTI untuk siswa SMA/ MA & SMK Sedrajat yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Nah kebetulan banget UNY * kampus yang ingin saya masuki juga mengadakan seleksi khusus untuk Beasiswa Bidik misi ini. Saya memilih masuk jurusan Teknik Informatika dan Teknik Elektronika. Yah semoga aja diterima walo kemungkinan kecil sih, soalnya kursi yang disediakan untuk jalur ini juga cuma sedikit. Tapi apapun itu , dimanapun nanti saya mau kuliah atau kerja sekalipun itu pasti yang terbaik, yang penting usaha sudah maksimal. ^_^ dan mendaftar Bidik misi adalah salah satu usahanya.
Oh ya kemarin pengumuman PBU UNY sudah keluar, dari SMK saya cuma diambil 3 untuk seleksi tahap dua * seleksi wawancara kesehatan sepertinya *. Untuk teman-teman yang belum ketrima di PBU terus semangat ya, jangan menyerah.
Dan akhir kata untuk pengumuman BIDIK MISI UNY 2010 adlah akhir Mei ini. Berdoa teman-temanku, apapun itu pasti yang terbaik. SEMANGAT ! ! !

= edited 2 Juni 2010 ==
barusan ada yang kasih tau kalo pengumuman udah keluar di web uny..tapi kayaknya sama aja deh belum, orang web uny sepertinya baru down. hha..sabar ya teman!

Thursday, April 29, 2010

tiga tahunku di SMK N 2 Yogyakarta

tiga tahunku di SMK N 2 Yogyakarta


Alhamdulillah setelah menempuh perjalanan dan perjuangan yang cukup panjang, saya berhasil mendapatkan predikat lulus dari kampus SMK N 2 Yogyakarta. Puji syukur ke Tuhan YME, dan terimakasih buat bapak, ibu, adek sama teman-teman tercinta yang kasih support selama ini ke saya, Jadi pengen flash back nih tentang gimana saya bisa masuk ke SMK N 2 YOGYAKARTA atawa STM Jetis ini.

Semua itu berawal dari sekitar tiga tahun yang lalu...
seorang anak perempuan berwajah bulat dengan kulit hitam terkena sinar matahari ( * berasa iklan pemutih kulit =_=) mengayuh sepeda onthel dengan penuh semangat. Secarik kertas masih di genggaman tangannya. Senyum masih menghias diwajahnya.
" GIMANA MEG? LULUS TO?" teriak seseorang penghuni rumah yang dilewati oleh si anak perempuan tadi. " Alhamdulillah lulus buk ! !" teriak si anak perempuan dan terus melaju dengan sepeda onthelnya. Dia sangat bersemangat pagi itu, kertas yang ada digenggamannya adalah surat pemberitahuan kelulusan dari sekolah menengah pertama yang dia tempuh selama tiga tahun ini. Dan begitu sampai dirumah, dilempar begitu saja sepeda onthel nya dan berlari menghambur kedalam rumah memberi kabar gembira yang baru saja dia dapat ke Bapak dan Ibu nya.
Dan tadi adalah kisah si anak perempuan akhirnya bisa masuk ke sekolah yang dia inginkan, sekolah kejuruan yang dalam pikiran usia 14 tahunnya, dia merasa ini lah terbaik. Dan insya allah memang terbaik. Amin ^_^
SMA N 1 Teladan yang jadi tujuan awal si anak perempuan tadi sebenarnya, tapi ketika dia melihat profil sekolah yang sekarang dia tempati membuat tertarik hatinya dan beralih kelain hati dengan mengambil jurusan Teknik Komputer dan Jaringan di Sekolah Menengah Teknik .
Dan anak perempuan tadi adalah saya, Meganingtyas yang kini sudah berusia 18 tahun dengan predikat LULUS dari SMK N 2 Yogyakarta. Banyak cerita dan kisah selama tiga tahun ini. Dari duka, canda, tawa, bahagia, tangis, haru dan semuanya. Banyak pengalaman dan hal baru yang saya temukan.
Pada saat pertama kali saya masuk ke sana , awalnya adalah kaget ternyata siswa nya kebanyakan cowok ! ! Sebenarnya nggak sepenuhnya kaget sih , sudah pasti sekolah teknik penuh dengan golongan pria.
Banyak cerita, banyak kisah dari tawa, duka, cinta dan masih banyak lagi.
Alhamdulillah saya saat itu diterima di jurusan Teknik Komputer dan Jaringan. Dulu awalnya saya pengen banget masuk Elektonika Lho...tapi jatahnya emang harus di TKJ ^_^
Di jurusan ini sudah ada beberapa siswi, saat pertama masuk ada 14 siswi. Di kelas satu saya sangat disibukkan dengan organisasi-organisasi baru yang saya ikuti. Saat itu saya masih sering berangkat naek sepeda onthel. Berangkat pagi pulang petang, dah kayak karyawan . Belum lagi kalau sepeda onthel yang sering banget ngadat. Tahun pertama adalah sibuk dan tidak belajar. Soal nilai? melorot pasti nya :hammer:
Dan tahun kedua agak berbeda. Saat akhir tahun pertama saya sakit Demam Berdarah plus livernya kena ,Tau dah penyakit apa! Saya jadi takut disuntik dari sakit yang bikin opnam seminggu lebih itu. dan Tahun kedua saya dilarnag sibuk sama ibu. Walo gag sesibuk tahun pertama saya, tahun kedua ini banyak kegiatan baru, dari ditunjuk ikut LKS Animasi, bikin video profil sekolah sama ann, anisa, rizal, pam-pam. Adalah sama saja dalam pelajaran sekolah. Dan saya dapet peringkat 27 dari 33 siswa. Dan kelas tiga ini, masih sama alhamdulillah ikut LKS lagi IT NETWORKING, kegiatan praktek industri disekolah dll. Dan sampai penghujung UN.
Sampai saat ini saya sudah dinyatakan LULUS.
Bersyukur tapi tidak berlebihan itu pasti. Karena dengan lulus ini sudah terbuka satu pintu, tinggal menuju pintu lainnya untuk menuju masa depan saya.
Terimakasih buat guru-guru SMKN 2 Yogakarta terutama guru TKJ
yang care banget sama murid-muridnya, , Mr. Rohmadi, Mr. Warjana , Mr. Untung, Bu Alia. Makasih Pak & Bu ! !
dan saat ini saat nya saya berjuang untuk menuju langkah selanjutnya di Jalan Allah yang pasti indah. Insya Allah. Amin.


Friday, March 26, 2010

Asyik...menang lomba blog

Asyik...menang lomba blog


Tidak disangka tidak dinyana, saya bisa menang lomba Blog ! ! yah tapi bukan blog www.decoupu.co.cc yang ini. Alamatnya ada di www.ngampus.co.cc. Webblog itu saya dan uswatun bikin dengan penuh perjuangan dengan titik darah penghabisan ( lebayyyyy...) Jadi ceritanya ada acara tuh Lomba Blog yang ngadain UTY. Lha,saya ajak deh tuh mbak Uswatun ikutan juga. Lumayan lah nambah pengalaman. Awalnya kaget tuh tahu kita masuk nominasi dan harus presentasi.Alhamdullilah kita dapet juara harapan satu,
dengan susunan
juara 1, 2 dari jawa tengah, juara tiga dari sma 1 dan juara harapan 1 kami.Yahh lumayan dong dengan persiapan minim , pake acara ketinggalan bahan presentasi dirumah, bolak balik UTY- Stemsa buat ambil laptop pinjeman, kita mulai deh presentasinya.
Mega paling inget pas ditanya sama juri

" kenapa diblog anda tidak mencantumkan counter pengunjung?

waduhh bingung dah pas itu. Mbak uswatun juga speachles.
Tapi karena saya senang diwawancara, otak muter dah cari-cari sambil sok ngulang pertanyaan.
dan ketemu dah, saya jawab gini
Kami memang sengaja tidak memasang counter pengunjung, karena disinik kami lebih berfokus kepada bagaimana membuat blog dengan informasi bermanfaat buat pengunjung, kualias bukan kuantitas yang kami pilih.Dan kami yakin dengan tulisan yang berkualitas tadi pengunjung pasti bakal datang apalagi kami juga menggunakan optimasi SEO

Bapaknya bilang lagi tuh
Tapi kan nggak bisa tahu pengunjung ada berapa? trus kalo ada yang maen ke blog mu ntar gag bisa tahu dong seberapa terkenal blog kamu?


Kami kira dengan optimalisasi SEO dan kualitas dan seberapa bergunannya tulisan kami, bisa meningkatkan trafik pengunjung bisa dilihat di hasil pencarian di google. Lagipula pengunjung kebanyakan gag peduli dengan " berapa jumlah pengunjung blog ini ya " mreka lebih ke seberapa bermanfaat dan penting informasi yang dibutuhkan atau dibaca


dan bla bla bla..
tapi asyik deh, emang dari dulu saya senang diwawancara, beradu pendapat, dkk. Hahaha..
satu lagi pengalaman baru :)

Tuesday, March 23, 2010

no image

Stress jelang Ujian ala mega !

Hari pertama ujian nasional. Oh god ! ! Setelah hampir tiga bulan di gembleng dengan soal dan teori yang diujiankan, akhirnya hari pertempuran datang. Insya allah sudah siap. Beberapa hari ini mega juga sudah dapet sms dari teman-teman dari yang minta doa, mohon maaf, curhat, teriak-teriak belom siap, bahkan ada yang nyumpahin. Sms forward-forwardan yang dapat rekor terbanyak masuk ke hape saya. Ya salah satu dampak stress mau ujian tampaknya disalurkan lewat sms-sms tadi. Ya strees jelang ujian memang sering melanda para peserta ujian,apapun yang akan diujiankan. Bisa jadi karena tegang, nervous, belum siap dan masih banyak penyebab lain. Kalo mega sendiri mah kalo stress jelang ujian rada aneh. Dari mulai jadi hobby makan ( kalo ini mah emang sudah hobi dari dulu ya megh? :-D ) , tidur jadi sangat nyenyak, lupa hari lupa jalan lupa tanggal jadi pelupa. Ya memang parah sih, walo tidak parah-parah banget sampe lupa diri :-D . Tapi buat ujian kali ini mega semangat banget lho! ! Banyak yang dukung dan doain mega, jadi nggak ada tuh perasaan minder sebelum ujian . SAYA SUDAH SIAP ! ! Begitu teriak mega dihari senin, 22 Maret 2010 pas bangun tidur.Mega dengan full spirit berangkat dah tuh pagi-pagi bareng si Ijo. Lah kok sampe disekolah baru pukul 05.50 . Ya ampun.. sangat bersemangat ini ! Sekolah saya tercinta "SMK N 2 YOGYAKARTA" masih sangat sepi. Ada beberapa satpam dan polisi yang nampaknya berjaga tadi malam.
" Gasikk..gasikkk..mrupuuutt..mrupuuttt...gasikk gasiikk" tiba-tiba saya dikagetkan sama bu parkir yang nyanyi lagu antah berantah ngejek seorang siswi cantik imut baik hati yang rajin banget berangkat pagi. Dengan tampang cengengesan sambil masih menampakan muka penuh semangat walo rada malu juga sih. Sampe di deket musola, eh ketemu Pak polisi. "PAGI PAK ! !"
"wah rajin bener " Ujar pak polisi menanggapi sapaan saya . Oh God ! saya memang sangat kepagian.

Karena kebetulan ruang kelas ujian saya jauh dari perkotaan alias pedesaan ( Sekolah saya itu terbagi jadi dua bagian, kalo mau tahu kapan2 maen dah ke stemsa ) nah..disana ternyata sama aja....sangatt sepii. Cuma ada pak kebon yang baru nyapu. " Loh ujiannya tu jam berapae dek?"
nyengir nggak jelas saya jawab dah " Nggak tahu pak " hhhe..
yahh akhirnya pagi-pagi sebelum ujian bahasa indonesia saya mengobrol sama pak tukang sapu yang baik hati mau menemani saya, seorang siswi yang sangat rajin ini :D hheehe..


NOTE OF THIS POST !! !

saat ujian memang jangan samapai terlambat. Lebih baik kepagian. lebih asyik, dan tambah kenalan sama pak tukang sapu :)

Saturday, March 20, 2010

no image

Belajar Merajut

Wah mega tertarik mau belajar merajut nih. Ada toko baru di jakal khusus merajut ada belajar gratis nya juga. Kebetulan banget. Udah rencana mau merajut, bikin syal buat seseorang. Hehhee..ayoo yooo semangat !

* ups..tapi kesananya abis ujian ya say ! :)

no image

Ujian Nasional

Beberapa hari jelang ujian nasional ! Bentar...liat kalender dan ternyata tinggal 2 hari lagi.Cepet banget yak?ya semoga dilancarkan dan bisa lulu * walau UN bukan salah satu penentu kelulusan. Mencapai target dan masuk PTN yang dimau. Amin ya ALLAH amin.

Buat semua siswa angkatan 2009/2010 semoga diberi kemudahan esok untuk mengerjakan soal.. SUKSES ^_^

Sunday, March 07, 2010

no image

Catatan beberapa hari diakhir 17 tahun

Jelang usia 18 tahun ! seberapa berguna hidupmu selama ini buat orang-orang disekitarmu. Apa saja yang kamu dapat?

Ketika sekitar delapanbelas tahun yang lalu orang-orang tersenyum gembira, "perempuan, Bu ! Perempuan !" setetes air mata kebahagiaan jatuh dari seorang wanita yang terlihat letih namun pancar mukanya sangat bahagia. Perempuan yang selanjutnya aku panggil ibu.Dalam hati orang-orang yang ada saat itu, mereka menaruh harapan besar padaku. Sebuah harapan sekaligus doa untuk masa depanku, seorang bayi merah yang merasakan dunia dan juga cinta diawal kehidupannya.

Saat ini aku, delapan belas tahun kemudian. Apa yang sudah aku lakukan? Apa aku sudah membuat doa-doa orang-orang yang dulu tersenyum bahagia itu terwujud dengan tindakanku? Bahkan aku malah sering membuat mereka marah. Apa aku sudah membuat mereka bahagia? seperti saat pertama kali aku menghirup udara.

Delapan belas tahun sudah bukan angka kecil.Harus lebih dewasa, Menjadi yang terbaik dengan melakukan yang terbaik.

Tuesday, February 16, 2010

no image

IP Masquerade

IP Masquerade adalah salah satu fasilitas di Linux yang memungkinkan komputer yang tidak memiliki nomor IP resmi dapat tersambung ke internet melewati komputer Linux. IP Masquerade dibutuhkan jika jaringan Anda mempunyai nomor IP resmi yang lebih sedikit daripada jumlah komputer yang ada. Selain menjembatani kekurangan nomor IP, IP Masquerading dengan digabungkan ipchains atau ipfwadm juga dapat menjadi filter paket-paket yang keluar masuk. Dapat diibaratkan, mesin Linux berfungsi sebagai gateway.

Cara kerja IP Masquerade dapat digambarkan sebagai berikut :

1. Mesin klien diseting dengan menempatkan mesin Linux sebagai gatewaynya.
2. Jika ada paket dari klien ke mesin Linux, IP Masquerade akan membuat nomor port baru, header IP baru berdasarkan IP mesin Linux, dan menyimpan paket aslinya. Paket tersebut kemudian diteruskan ke internet lewat koneksi PPP atau SLIP.
3. Jika ada paket baru dari Internet, IP Masquerade akan mencocokkan dengan nomor port. Jika sesuai dengan nomor port yang telah dibuat sebelumnya, maka paket tersebut dibungkus kembali dengan header yang telah disimpan sebelumnya, dan diteruskan kepada klien.
4. Baik klien maupun host di Internet yang mengirimkan paket tidak pernah merasakan perbedaannya.

Untuk menjalankan IP Masquerade pada mesin Linux dengan Kernel 2.2.x, Anda membutuhkan :

1. Kernel 2.2.x atau berikutnya
2. Modul kernel yang dapat dijalankan, minimal versi 2.1.121 atau berikutnya
3. Jaringan dengan menggunakan TCP/IP yang telah berjalan dengan baik.
4. Koneksi ke internet untuk mesin Linux
5. IP Chains versi 1.3.8 atau berikutnya

Sedangkan pada Kernel versi 2.0.x Anda membutuhkan :

1. Kernel 2.0.x atau berikutnya
2. Modul kernel yang dapat dijalankan, minimal versi 2.0.0 atau berikutnya
3. Jaringan dengan menggunakan TCP/IP yang telah berjalan dengan baik.
4. Koneksi ke internet untuk mesin Linux
5. Ipfwadm versi 2.3 atau berikutnya

Sebelum melakukan seting IP Masquerade, pastikan bahwa mesin Linux Anda tidak berisi data-data penting. Mesin Linux ini akan jadikan gateway, yang merupakan mesin terdepan yang terkena sasaran jika ada penyusupan atau serangan ke dalam jaringan Anda (Baca Bab VII tentang Keamanan Linux). Jika Anda berencanan menjadikan Linux sebagai file server, mail server, web server atau aplikasi server yang penting lainnya, dianjurkan untuk menginstal IP Masquerade pada mesin Linux lainnya. Anda dapat memanfaatkan mesin-mesin 486 lama yang mungkin sekarang tersimpan di gudang.

no image

Squid

Squid adalah sebuah penampilan yang bagus bagi dari server cacking proxy untuk klient
web, pendukung FTP, gopher dan obyek data HTTP. Tak seperti software cacking
tradisional , squid menangani semua permintaan dalam bentuk singgle , non bloking ,
proses I/O driven. Squit menyimpan data meta dan khususnya obyek panas yang
tersembunyi dalam RAM, menyembunyikan DNS lookups, mendukung DNS lookups
yang tak memihak, dan cacking negatif dari permintaan yang digagalkan .
Squid mendukung SSL,kontrol akses yang extensif dan loging permintaan penuh.
Dengan menggunakan ukuran berat internet cache protokol, squid dapat disusun dalam
sebuah hirarki untuk pengamanan bandwidth extra squid terdiri dari sebuah squid
program main server, sebuah dnsserver program lookups Domain Name Systim, beberapa
program untuk menulis kembali permintaan-permintaan dan keoutentikan penampilan ,
dan beberapa menegemen dan alat-alat klient.
Berikut ini beberapa perintah squid
1. Mengatur port dimana squid binding (berjalan).

http_port 3128
atau utk lebih aman-nya, kita bisa juga definisikan ip address dan portnya sekaligus
http_port 10.2.1.55:3128

2. Mengatur letak dan ukuran direktori dimana squid menyimpan cache-nya.

cache_dir ufs 100 16 256
keterangan
100 : 100 MB yg dialokasikan utk cachenya squid
16 : direktori tingkat 1 yg digunakan utk penyimpanan cache
256 : direktori tingkat 2 yg digunakan utk penyimpanan cache

3. Access Control List (ACL) : digunakan untuk memberikan akses (allow/deny) pada squid.

acl lab-crew src 10.2.1.0/24
10.2.1.0/24 : source ip-address LAN yg diperbolehkan mengakses squid
lab-crew : nama dari ACL

4. Memperbolehkan akses dari lab-crew (10.2.1.0/24)

http_access allow lab-crew

5. Membuka Port-port yg diperlukan untuk chat (YM = 5050, mirc = 6660-6670) -> port ini sebetulnya tidak mengakses squid dengan cara yang normal sebagaimana yang terjadi apabila kita mengakses http (port 80), melainkan dengan metode CONNECT.

acl PortPenting port 5050 6660-6670
http_access allow CONNECT PortPenting

Monday, February 15, 2010

no image

[ Dari A- Z ] Perintah dasar di Linux

Berikut ini megh post perintah-perintah Linux dari a sampai z. Semoga bermanfaat yak :) terutama buat teman-teman yang baru Ujian Praktek Nih.! sukses ! untuk saya juga haha..amin

a
addgroup Tambah grup ke sistem
alias Create an alias •
apropos Search Help halaman manual (man-k)
apt-get Mencari dan menginstal paket perangkat lunak (Debian)
aspell Spell Checker
awk Cari dan Ganti teks, database sort / validate / index


b
Strip basename direktori dan akhiran dari nama file
bash GNU Bourne-Again Shell
bc Arbitrary bahasa kalkulator presisi
bg Kirim ke latar belakang
break Keluar dari loop •
builtin menjalankan shell builtin
bzip2 Compress atau dekompresi file bernama (s)
c
cal Display a calendar
case Conditionally perform a command
cat Display the contents of a file
cd Change Directory
cfdisk Partition table manipulator for Linux
chgrp Change group ownership
chmod Change access permissions
chown Change file owner and group
chroot Run a command with a different root directory
chkconfig System services (runlevel)
cksum Print CRC checksum and byte counts
clear Clear terminal screen
cmp Compare two files
comm Compare two sorted files line by line
command Run a command - ignoring shell functions •
continue Resume the next iteration of a loop •
cp Copy one or more files to another location
cron Daemon to execute scheduled commands
crontab Schedule a command to run at a later time
csplit Split a file into context-determined pieces
cut Divide a file into several parts
d
date Display or change the date & time
dc Desk Calculator
dd Convert and copy a file, write disk headers, boot records
ddrescue Data recovery tool
declare Declare variables and give them attributes •
df Display free disk space
diff Display the differences between two files
diff3 Show differences among three files
dig DNS lookup
dir Briefly list directory contents
dircolors Colour setup for `ls'
dirname Convert a full pathname to just a path
dirs Display list of remembered directories
dmesg Print kernel & driver messages
du Estimate file space usage
e
echo Display message on screen •
egrep Search file(s) for lines that match an extended expression
eject Eject removable media
enable Enable and disable builtin shell commands •
env Environment variables
ethtool Ethernet card settings
eval Evaluate several commands/arguments
exec Execute a command
exit Exit the shell
expect Automate arbitrary applications accessed over a terminal
expand Convert tabs to spaces
export Set an environment variable
expr Evaluate expressions
f
false Do nothing, unsuccessfully
fdformat Low-level format a floppy disk
fdisk Partition table manipulator for Linux
fg Send job to foreground
fgrep Search file(s) for lines that match a fixed string
file Determine file type
find Search for files that meet a desired criteria
fmt Reformat paragraph text
fold Wrap text to fit a specified width.
for Expand words, and execute commands
format Format disks or tapes
free Display memory usage
fsck File system consistency check and repair
ftp File Transfer Protocol
function Define Function Macros
fuser Identify/kill the process that is accessing a file
g
gawk Find and Replace text within file(s)
getopts Parse positional parameters
grep Search file(s) for lines that match a given pattern
groups Print group names a user is in
gzip Compress or decompress named file(s)
h
hash Remember the full pathname of a name argument
head Output the first part of file(s)
help Display help for a built-in command •
history Command History
hostname Print or set system name
i
id Print user and group id's
if Conditionally perform a command
ifconfig Configure a network interface
ifdown Stop a network interface
ifup Start a network interface up
import Capture an X server screen and save the image to file
install Copy files and set attributes
j
join Join lines on a common field
k
kill Stop a process from running
killall Kill processes by name
l
less Display output one screen at a time
let Perform arithmetic on shell variables •
ln Make links between files
local Create variables •
locate Find files
logname Print current login name
logout Exit a login shell •
look Display lines beginning with a given string
lpc Line printer control program
lpr Off line print
lprint Print a file
lprintd Abort a print job
lprintq List the print queue
lprm Remove jobs from the print queue
ls List information about file(s)
lsof List open files
m
make Recompile a group of programs
man Help manual
mkdir Create new folder(s)
mkfifo Make FIFOs (named pipes)
mkisofs Create an hybrid ISO9660/JOLIET/HFS filesystem
mknod Make block or character special files
more Display output one screen at a time
mount Mount a file system
mtools Manipulate MS-DOS files
mv Move or rename files or directories
mmv Mass Move and rename (files)
n
netstat Networking information
nice Set the priority of a command or job
nl Number lines and write files
nohup Run a command immune to hangups
nslookup Query Internet name servers interactively
o
open Open a file in its default application
op Operator access
p
passwd Modify a user password
paste Merge lines of files
pathchk Check file name portability
ping Test a network connection
pkill Stop processes from running
popd Restore the previous value of the current directory
pr Prepare files for printing
printcap Printer capability database
printenv Print environment variables
printf Format and print data •
ps Process status
pushd Save and then change the current directory
pwd Print Working Directory
q
quota Display disk usage and limits
quotacheck Scan a file system for disk usage
quotactl Set disk quotas
r
ram ram disk device
rcp Copy files between two machines
read Read a line from standard input •
readarray Read from stdin into an array variable •
readonly Mark variables/functions as readonly
reboot Reboot the system
rename Rename files
renice Alter priority of running processes
remsync Synchronize remote files via email
return Exit a shell function
rev Reverse lines of a file
rm Remove files
rmdir Remove folder(s)
rsync Remote file copy (Synchronize file trees)
s
screen Multiplex terminal, run remote shells via ssh
scp Secure copy (remote file copy)
sdiff Merge two files interactively
sed Stream Editor
select Accept keyboard input
seq Print numeric sequences
set Manipulate shell variables and functions
sftp Secure File Transfer Program
shift Shift positional parameters
shopt Shell Options
shutdown Shutdown or restart linux
sleep Delay for a specified time
slocate Find files
sort Sort text files
source Run commands from a file `.'
split Split a file into fixed-size pieces
ssh Secure Shell client (remote login program)
strace Trace system calls and signals
su Substitute user identity
sudo Execute a command as another user
sum Print a checksum for a file
symlink Make a new name for a file
sync Synchronize data on disk with memory
t
tail Output the last part of files
tar Tape ARchiver
tee Redirect output to multiple files
test Evaluate a conditional expression
time Measure Program running time
times User and system times
touch Change file timestamps
top List processes running on the system
traceroute Trace Route to Host
trap Run a command when a signal is set(bourne)
tr Translate, squeeze, and/or delete characters
true Do nothing, successfully
tsort Topological sort
tty Print filename of terminal on stdin
type Describe a command •
u
ulimit Limit user resources •
umask Users file creation mask
umount Unmount a device
unalias Remove an alias •
uname Print system information
unexpand Convert spaces to tabs
uniq Uniquify files
units Convert units from one scale to another
unset Remove variable or function names
unshar Unpack shell archive scripts
until Execute commands (until error)
useradd Create new user account
usermod Modify user account
users List users currently logged in
uuencode Encode a binary file
uudecode Decode a file created by uuencode
v
v Verbosely list directory contents (`ls -l -b')
vdir Verbosely list directory contents (`ls -l -b')
vi Text Editor
vmstat Report virtual memory statistics
w
watch Execute/display a program periodically
wc Print byte, word, and line counts
whereis Search the user's $path, man pages and source files for a program
which Search the user's $path for a program file
while Execute commands
who Print all usernames currently logged in
whoami Print the current user id and name (`id -un')
Wget Retrieve web pages or files via HTTP, HTTPS or FTP
write Send a message to another user
x
xargs Execute utility, passing constructed argument list(s)
yes Print a string until interrupted