Tips Cari Tempat Praktek Industri Informatika tanpa Galau Dong

Tidak terasa sudah setahun  sejak Galau Praktek Industri. Saya meminjam istilah Galau praktek industri dari adik-adik tingkat saya dan temen-temen angkatan saya yang juga lagi galau KKN PPL. Kalau diingat-ingat pas Praktek Industri kemarin sebenarnya nggak galau-galau amat sih. Galau dikit pas minta tandatangan proposal Praktek Industri sama pas nyari tanda tangan laporan, yang keduanya dilakukan di hari H deadline -_-"

Saya emang nggak begitu galau, karena dari awal semester udah mulai cari-cari tempat praktek. Beberapa perusahaan yang menurut saya cocok, langsung saya kontak untuk menanyakan tersedianya tempat untuk Praktek kerja. Mau sedikit berbagi aja deh buat yang mungkin lagi galau masalah Praktek Industri:

1. Cari tau keinginan kamu, pengen mempelajari apa di industri tempat praktek
Tentukan ini diawal sebelum kamu mulai cari tempat praktek. Apalagi Informatika itu bidangnya luas banget, ada multimedia, programming, software devlopment, jaringan, dkk. Tentukan dulu kamu pengen mempelajari dan mengembangkan apa di industri nanti. 
Kalau saya dulu pengen belajar tentang software development, jadi fokus saya ya ngelist dan mencari perusahaan yang bergerak dibidang itu. 

2. Sejak dini mulai cari perusahaan yang sesuai minat
Biasanya praktek industri itu dilaksanakan di liburan semester, dan tentu tidak cuma satu kampus yang melaksanakan kegiatan ini. Banyak kampus lain yang melaksanakan praktek diwaktu yang sama. Apalagi jurusan Informatika yang menjamur banyak banget di Indonesia, harus siap-siap balapan sama kampus lain buat nyari lokasi yang oke. Kalau dikampus saya, UNY, informasi Praktek industri sudah dikabarkan sejak awal semester 4, yaaaah..walaupun kabarnya kabur-kabur sih ^_^ cuma sejak tahu info itu saya sudah mulai ancang-ancang cari tempat Praktek.

3. Kontak langsung ke perusahaan tentang kesempatan praktek bagi mahasiswa
Nah setelah dapet perusahaan, jangan lupa cari kontak nya ( bisa email / telepon ) kemudian hubungi. Tanyakan apakah mereka bersedia menerima mahasiswa praktek. Jika bersedia, tanyakan juga syarat, kuota (kali aja mau bawa temen/geng/kelompok). Jangan lupa berikan informasi kapan waktu mulai praktek.

Kemarin banyak temen-temen saya yang 'terlambat' nyari tempat praktek karena banyak yang berfikir bahwa informasi dari Kampus masih belum jelas, masih belum ada surat, belum tahu birokrasinya, administrasinya , dll jadi mereka tidak banyak bergerak.

Nah kalau saran saya, mending sejak awal langsung nyari kejelasan ke perusahaannya saja. Cari informasi dan kalau bisa booking tempat dulu. Tentu perusahaan juga akan lebih enak menempatkan kita jika 'pesan tempat' jauh-jauh hari. Masalah administrasi, saya pikir pihak perusahaan juga bisa ngerti kalau kita kasih penjelasan atau bisa dibicarakan baik-baik.

4. Persiapkan diri mu
Beberapa perusahaan mensyaratkan mahasiswa yang ingin praktek kerja, untuk menempuh seleksi terlebih dulu. Nah siapkan diri kamu sejak awal. Di tempat saya kemarin tidak ada seleksi, hanya wawancara untuk tahu kemampuan dan kira-kira bisa ditempatkan dimana. Teman saya ada yang melamar di perusahaan di Bandung dan diseleksi dulu dengan memecahkan masalah algoritma. Beberapa perusahaan tidak bisa asal untuk memasukkan orang untuk membantu proyek-proyeknya, jadi wajar jika mereka melakukan seleksi.

Selain persiapan seleksi, lebih bagus lagi kalau kamu sudah mempelajari dasar-dasar yang akan dikerjakan di perusahaan. Misalnya praktek Kerja di bidang web development,usahakan kamu udah mulai belajar dulu dasar-dasar website. Baca-baca dokumentasi dan nyoba-nyoba. Jadi begitu memasuki praktek kerjanya kita udah langsung bisa mulai ikut mengerjakan tugas/ proyek, tanpa harus mulai belajar dasar-dasarnya dulu. 

Ya itu sedikit tips dari saya. Semoga bisa bermanfaat. Dibawah ini ada link tempat praktek Industri Prodi Pendidikan Teknik Informatika tahun 2012 dan 2013. Mungkin bisa jadi referensi. Nggak begitu lengkap sih, jika pengen lebih jelas bisa tanya langsung ke kakak tingkatnya yang dulu udah pernah praktek Industri.

Share:

0 comments