Ngomong dong

Jadi saya mau cerita. Saya selama ini selalu menghindari untuk bicara didepan umum atau forum. Bukan karena apatis, gak ndengerin atau ga fokus. Cuman saya udah keder dan grogi duluan. Mental sudah sown aja gitu. Eh tapi bukan berarti selama ini sya diem aja,saya juga sering ngomong kok difrum. Cuma kalau ada kemungkinan nggak ngomong say lebih milih diem. Kalau kepepet ngomong biasanya saya blibet dan ndak semua bisa tersampaikan.

Ini #persoalan buat saya. Lha himana mau nyampain ide,ngasih saran kalo ngomong aja keder. Padahal sejak TK saya termasuk banci tampil. Tiap 17an selalu ikut pentas,entah baca puisi,nari,dance, ya gitu deh. Pas saya smp saya ikut les penyiar radio,ikut2 lomba,dan smpet ngrasain rekaman juga di radio.
Dulu pas pelajaran bhasa indonesia saya sama temen sempat drama bawain acara talkshow dan saya jadi mc nya gitu. Saya inget guru saya sempet bilang kalau saya punya bakat . naah... Tapi gimana sekarang? Mau mulai ngomong tangan udah dingin,natap peserta yang diajak ngomong nggak kuat,Gemeteran, bolak balik nelen ludah, mental drop mikir yang enggal enggak. Takut salh lah,takut jelek. Duh malu dam grogi gitu.
Terus gimana ngatasinya? 

Nah kalau saya saat ini juga berusaha memperbaiki diri . pertama saya cari kenap saya bisa jadi grogi. Dan setelah dianalisis ada dua penyebabnya :

1. Udah mikir negative dan takut duluan
Saya sering takut salah omong, minder sama calon pendengar saya,takut disorakin dan malu maluin. Eh tapi sebenernya karena mikir kayak gini saya  jadi lebih grogi dan tampilan saat ngomong jadi bemer bener gak maksimal. Nah solusinya  ya cuma satu : Positive thingkong dan percaya diri. Iya bener solusinya itu. Nggak usah deh mikir salah omong,takut diketawain, dan sejenisnya. Pastikan dan yakini kalau apa yg kamu omongin berguna dan orang lain butuh. 

Ya masalah ntar orang lain dengerin,kalau penyampaian dg percaya diri dan keyakinan insyaallah bisa tersampaikan kok. Kalau udah mider duluan,ntar orang lain mikir dong "ini orang nyampein ide, tapi dirinya sendiri aja nggak pede" nah...malah jadi ga dipercaya kan.
Kalau pas ditengah ngomong ternyata nggak didengerin,nggak papa, tetap PD aja , anggap mereka emang lagi kedistraksi sesuatu jadi nggak fokus. Buat dapat fokus pendengar bisa tuh dikasih kejutan,misal bertanya sesuatu biar kembali fokus,mangggil nama, atau ditanya kenapa mulai nggak fokus.
Kalau tetep dicuekin ada dua pilihan. Diam atau tetep Pd ngomong aja,idep idep belajar omong dan menyampaikan pendapat. Hehe .

2. Persiapan
Nah ternyata ini juga ngaruh banget. Saya bakal lebih keder kalau disuruh ngomong tanpa persiapan. So solusinya saya harus persiapkan dulu apa yg akan diomongin. Biar nggak blibet juga saya saat ini membiasakan bikin catatan poin poin apa aja yang mau dibicarakan. Ya biar tetep fokus gitu.
Nah dua tips diatas sedang saya jalani dan cukup membantu saya. Well saya berusaha juga untuk selalu bertanya dan ngomongvdiberi kesemapatan,buat latihan dan ngelatih mental.

Mungkin kamu juga punya masalah yang sama kayak saya? Kalo iya boleh kita kopdar gitu biar bisa saling kenal *haish* hehe ya siapa tau bisa sharing2. Eh yang udah jago public speaking dan nggak grogian.. Boleh dong bagi tips nya..

Thankyou smoga bermanfaat :*

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pentingnya memakai serum rambut rontok!

Review Gio Dental Care Jogja Tambal Gigi Depan

Cerita Nikah - Biaya Nikah Hemat di Masa Pandemi Jogja