Superhero Indonesia yang Kembali Pulang


Angeline Jolie tampak luwes berpose menggunakan pakaian khas jawa, lengkap dengan mahkota, selendang dan sumpingnya. Saat ini dia sedang didapuk sebagai duta  tokoh Sri Asih di Amerika , tokoh yang diperankan oleh Dian Sastro Wardoyo pada film berjudul sama, Sri Asih : Mulih.

Angeline Jolie mengaku tidak perlu memikirkan banyak hal saat diminta menjadi duta tokoh Sri Asih.  “Tentu tanpa berfikir banyak, Ini film superhero Indonesia. Semua orang tahu Indonesia dengan karyanya yang eksotis dan khas dengan budaya. Saat ini siapa yang tidak tahu Indonesia, ini kesempatan baik”

Kehadiran film Sri Asih memang sudah ditunggu para pencinta film. Film yang diadaptasi dari komik tahun 1953 ini diprediksi berhasil menyamai kesuksesan film Nusantara Ranger, Unyil the Adventure, serta Saras 008 yang juga berhasil masuk  film box office dunia.

 ---


Weits jangan bengong kaget dulu. Liputan diatas memang masih tahap imajinasi saya.  Saya terinsiprasi dari baca berita akhir-akhir ini. Banyak artis Indonesia yang jadi duta film-film superhero luar negeri.

Studio film diluar  negri  secara khusus merekrut orang menjadi duta karakter superhero mereka. Duta-duta superhero kemudian berkostum ala-ala superhero film tersebut. Mereka juga gencar mempromosikan film itu ke seluruh Indonesia.

 Dalam bisnis hal itu sah dan wajar saja. Adanya duta superhero menjadikan tokoh lebih dekat ketarget penonton. Artis-artis yang direktrut pun bukan artis sekuter ( Selebriti Kurang Terkenal). Artis terkenal seperti Luna maya, Daniel Mananta menjadi beberapa artis yang berkesempatan didapuk jadi duta superhero film luar negeri.

Studio film yang secara khusus punya duta karakter tokohhnya di Indonesia  ini,  membuat  saya berpikir. Mereka membaca bahwa Indonesia ini sebenarnya punya pasar yang menarik. Lihat aja jumlah orang di Indonesia dan minat menonton film yang cukup tinggi. Nah lirikan ini sebenarnya bisa jadi kesempatan bagi warga-warga industry kreatif untuk menunjukkan eksistensi karya Indonesia. Hallo dunia…ini lho Indonesia. Karya kami yang nggak kalah istimewa.

Memang tidak perlu terburu-buru. Menghasilkan karya yang owsom jelas butuh banyak waktu dan tenaga.  Modal juga harus besar. Pemerintah juga sebaiknya memang harus mendukung ini sebagai gerakan perkembangan industry kreatif. SIapa sih yang nggak mau gatot kaca jadi hits dikenal orang sedunia? Kemben dan jarik jadi busana cosplay di jepang? Hey..yang untung nggak cuma artis-artis industry kreatif juga lho. Misalnya para ukm perajin jarik juga meningkat omset, atau perajin makhota atau perajin sumping khas Indonesia.

Ah kamu mah gitu, itu saran buat orang lain, berharap ke pemerintah harusnya ini harusnya itu. Kamu sendiri ngapain biar Gatotkacamu itu menggantikan si batman dan supermen? Hehe iya memang semua harus dimulai dari diri sendiri. Caranya ya dengan mencintai produk Indonesia. Dukung dan hargai mereka.  Kalau semua orang di Indonesia cinta sama produk karya sendiri, yakin deh pasti Indonesia akan keangkat drajatnya, makin eksis karya kita dan pada akhirnya ekonomi rakyat juga akan meningkat pada akhirnya. (meg)


Sumber gambar : 

Share:

0 comments