Omset Meroket Pakai Sosmed Ala DosenJualan


Omset meroket pakai Sosmed, duh buat yang punya usaha baik kecil atau besar pasti langsung tertarik dengar kalimat tersebut. Bagaimana tidak, sosmed yang biasanya kita pakai ha ha hi hi ternyata bisa bikin usaha kita meroket, siapa yang menolak coba?

Dan itu benar adanya lho gaes! Ini bukan iklan yang diakhir halaman kamu bakal disuruh beli ebook atau ajakin 3 orang untuk jadi downline agar omsetmu meroket. Apalagi ada iming-iming kapal pesiar. Duh jelas bukan.

Ini adalah materi seminar yang saya ikuti tadi sore. Jadi ceritanya tadi sore saya diminta gantiin Mas Fatkhi yang manten anyar itu *ihiiik* untuk hadir di seminar internet marketing katanya. Karena kebetulan mas Fatkhi yang manten anyar itu lagi sakit perut, makanya beliau meminta saya yang hadir. Lha yo saya mau saja lah! Dapet ilmu, dibayarin, dan kayaknya sih bakal makan enak wong lokasinya di Hotel hehe..Alasan terakhir itu tampaknya yang bikin saya langsung bilang iya :D

Berangkatlah saya akhirnya jam 3 sore, begitu sampai dilokasi baru tahu saya tema seminar yang saya ikuti dan siapa pengisinya. Beliau adalah Suryadin Laodang atau terkenal dengan akunnya Dosen Jualan. Saya sebagai orang yang suka nyecrol timeline facebook dan twitter cukup fameliar dengan nama dosen Jualan, walau belum pernah lihat atau ketemu langsung.
Ini nih wajah Asli Dosen Jualan :D
Pak Dosen sempat cerita bagaimana perjalanan karirnya di dunia internet marketing sampai bisa jadi seperti sekarang. Beliau merintis dari awal banget, apalagi sejak memutuskan keluar dari pekerjaan untuk benar-benar full kerja online. Materi yang beliau sampaikan di seminar ini juga menurut saya langsung teknis banget. Bisa dipraktekin langsung! Mantap lah!

Tentukan Target Pasar!
Satu poin pertama yang saya catat dari pak Dosen adalah bagaimana menemukan target pasar produkmu!
"Target pasar itu yang paling penting"- Suryadin Laodang

Saya jadi ingat wejangan bahwa di dunia ini apapun yang kamu jual bisa laku. Kalau tidak laku berarti kamu salah tempat jualan. Iya lah, misalnya nih kamu jual pembalut *entah tiba-tiba kepikiran contoh produk ini* lha kamu jual di panti jompo,lha ya ndak laku, Kecuali kalau kamu sebut itu sebagai pampers orang tua mungkin bisa laku sih. Duh kok jadi wagu. -_-

Nah setelah menentukan target, mulai cari orang yang tepat di sosmed. Bukan followers atau like yang banyak, yang paling penting adalah kamu bisa closing banyak! Nah...di seminar tadi diajarin tuh trik-trik untuk nemu orang-orang sesuai target pasar kita. Misalnya nih kalau di Instagram kita mainan di hastag, main di deskripsi bio agar orang yang mencari dikolom search bisa langsung nemu akun kita.

Riset Keyword jualanmu itu sangat penting
Dari semua trik, saya merasa permainan keyword juga sangat ditekankan oleh pak Dosen. Beliau mengajarkan bagaimana meriset keyword yang sering digunakan calon pembeli kita. Misalnya nih ada yang jualan properti. Jangan lah pakai keyword jualan properti saja, tapi tambahkan keyword-keyword lain yang mungkin bisa dipakai oleh calon costumer di pencarian sosial media atau google. Bisa tuh ditambah keyword jualan properti, jualan properti jogja, jualan properti di jogja timur, ya semacam itu. Perlu banyak-banyak riset sih memang. Nah tuh siapa bilang jualan diinternet gampang-gampang aja? haha

Mereka yang kamu anggap mastah dulu pun pernah berdarah-darah
Nah ini dipoin terakhir setelah membagikan banyak tips yang siap eksekusi, pak Dosen bercerita bahwa jangan terlalu heboh kaget dengan penghasilan orang-orang yang kamu anggap Mastah/ master. Kita tak pernah tau mastah-mastah itu bagaimana sudah berdarah-darah berjuang sampai titik pencapaiannya saat ini.
Lalu beliau juga berpesan, bahwa semua ilmu yang disampaikan tak akan melesatkan omset jika tak pernah dipraktekan!

Duh yang terakhir itu jleb banget dah...akhir akhir ini saya yang sering banget ketemu mastah-mastah onliners, banyak dapat ilmu baru tapi belum menyempatkan praktek. :(

Dan selesai semianr ini saya jadi makin semangat. Ilmu-ilmu kemaren-kemaren mulai saya aplikasikan. Ah terimakasih banyak lah untuk pak Dosen untuk materi yang praktekable buat jualan online, dan mas fatkhi yang manten anyar udah bikin saya dapat kesempatan ikut seminar bagus ini.

Oh ya kalau mau cek dan kenalan dengan pak Dosen bisa search aja di google dosen jualan yaa.

Sumber gambar : kssunews.wordpress.com

Share:

0 comments