Nutrisi Terbaik untuk 1000 Hari Pertama Kehidupan


Sudah tahu tentang 1000 hari pertama kehidupan?
Mengapa 1000 hari pertama kehidupan itu penting? APa saja yang perlu disiapkan?

Minggu lalu saya mendapatkan kesempatan bersama rekan-rekan blogger Jogja untuk ikut dalam Health & Nutrition Discussion yang diselenggarakan oleh Nutricia Sari Husada, dengan tajuk acara "Menyediakan Gizi Terbaik dalam Periode 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK)". Acara kali ini di gelar di Mezzanine Eatery & Coffee dengan menghadirkan Dr. Endy Paryanto Prawirohartono, MPH juga bidan Nunik Endang S, SST.,SH.,M.SC.

Banyak sekali materi yang saya dapat di acara ini, terutama tentu saja tentang 1000 hari pertama kehidupan. Materi ini sangat penting sekali diketahui terutama bagi mereka yang berencana memiliki anak suatu hari kelak.

Apa itu 1000 Hari Pertama Kehidupan?



Penting untuk diketahui 1000 hari pertama kehidupan adalah periode tumbuh kembang yang dimulai terbentuknya janin dalam kandungan hingga anak berusia 2 tahun. Dr. Endi menggaris bawahi bahwa 1000 hari ini bukan sejak bayi lahir, tapi sejak mulai pembuahan 1000 hari pertama kehidupan ini dihitung. Jadi persiapan sebelum masa 1000 hari ini perlu disiapkan bahkan sebelum menikah/program hamil.


Mengapa 1000 Hari pertama Kehidupan Penting?

1000 Hari pertama kehidupan sangat penting untuk disiapkan dengan baik karena apa saja yang dilakukan dan disiapkan pada periode ini akan sangat menentukan masa depan si buah hati.

Bagaimana menyiapkan dan memberikan 1000 hari terbaik untuk buah hati?


Banyak hal yang dapat dilakukan. Yang pertama tentu memenuhi kebutuhan nutrisi sejak terbentuknya janin.

Eh sebelum mengulas tentang apa saja yang bisa disiapkan, teman-teman tahu tidak perbedaan janin, bayi, dan anak?
Kemarin Dr. Endi kasih penjelasannya secara singkat mengenai penyebutan ini.
Janin = masih di dalam kandungan
Bayi = sejak janin lahir hingga usia 1 tahun
Anak = Sejak diatas 1 tahun hingga 10 tahun
Remaja = Usia 10 tahun - 18 tahun

Kembali ke memberikan nutrisi terbaik di 1000 hari pertama kehidupan, semua bisa dimulai sejak dari janin. Salah satu nutrisi yang penting adalah asam folat. Asam folat ini berguna untuk menutup tabung-tabung syaraf penting saat awal perkembangan janin saat kehamilan. Jika kebutuhan asam folat ini kurang dipenuhi, resiko kelainan bawaan bisa lebih besar, salah satu resiko terbesarnya adalah tidak punya otak (sebab pembentukan syaraf tidak tertutup sempurna)

Nutrisi melalui makanan juga harus dipenuhi tak hanya saat hamil tapi juga di masa perkembangan anak. Kuncinya dari makanan adalah Bersih, jangan ada bahan merugikan dan perhatikan komposisinya.

"Nutrisi yang baik di 1000 hari kehidupan harus terpenuhi, dari jenis, jumlah, kualitas untuk masing-masing tahan kehidupan untuk hindari resiko penyakit," pesan dr. Endi.

"Perubahan perilaku penting dan harus dilakukan, sebab apa yang dimakan kita akan mempengaruhi proses memberikan nutrisi terbaik untuk 1000 kehidupan pertama," tambah Nunik memberikan pesan

Bagi yang ingin tahu tentang nutrisi dan tips-tips lain bisa difollow di https://www.instagram.com/nutrisibangsa/

Selain sesi sharing yang menarik, event dari Nutricia Sari Husada ini juga menghadirkan pemenang lomba masak sehat yang memperaktekan langsung bagaimana resep unggulannya dibuat. Selain itu hadir pula chef Rissa yang mempraktekan menu-menu mudah tapi sehat untuk anak.

Event yang sangat menyenangkan dan penuh materi berharga. Terimakasih untuk Nutricia Sari Husada!

Share:

1 comments