Friday, April 06, 2018

Menuju Indonesia Maju: Kesempatan Menumpas Hoax di Tahun Politik 2018


Sebagai netizen aktif yang hobi scroll sosmed akhir-akhir ini saya semakin malas membuka media karena banyaknya berita yang kurang bisa dipertanggung jawabkan. Tenang tulisan ini bukan akan membahas mas eh mbak Lucinta Luna yang lagi hangat, atau puisi yang lagi bikin naik darah netizen, atau kasus video horang kaya sobek-sobek uang di insta story.
Kali ini saya akan membagikan tentang politik nih, yang akhir-akhir ini memang sedang hangat karena entah hoax atau benar. Kebetulan sekali saya mendapatkan undangan dari Kominfo Jogj bersama rekan-rekan blogger dalam kegiatan Flash blogging dengan tema #IndonesiaMenujuMaju.

Kesempatan Besar Menumpas Hoax Melalui Blog

Undangan kepada blogger ini tentu bukan tanpa alas an. Pemerintah melalui kominfo merasa dengan jumlah PNS di Indonesia yang berkisar 10 juta kurang bias memenuhi kebutuhan penyaluran informasi kepada penduduk Indonesia yang mencapai 260 juta jiwa lebih, Upaya menggandeng blogger blogger ini diharapkan pemerintah bisa jadi perpanjangan tangan untuk menyampaikan informasi fakta bagi masyarakat.
Untuk itu, dalam kegiatan flash blogger kali ini Kominfo menghadirkan Mas Agus Magelangan, selaku blogger senior membuka materi tentang bagaimana sih menulis yang menarik dengan menyampaikan fakta-fakta diterdekat kita. Mas AGus banyak membagikan cerita pengalamannya, bagaimana dia menuliskan hal-hal sederhana, namun ternyata hal tersebut bisa cukup diapresiasi. Bahkan sekarang mas Agus sudah melanglang buana menjadi cukup kaya karena blogger.
Bermacam tips dibagikan oleh Mas Agus tentang bagimana menuliskan sesuatu fakta yang menarik disekitar kita.
“Bikinlah konten yang kontekstual,” saran mas Agus. Bisa dengan memberikan isu-isu hangat terkini, namun ditambah dengan sentuhan personal. Dan satu lagi jangan lupa pakai quote, sebab orang cendrung suka ngeshare tulisan yang quotable.
Satu hal yang penting disampaikan oleh Mas Agus, bahwa “Penulis yang bagus adalah pembaca yang lahap”. Membaca jadi dasar sebelum kita menulis. Tentu dengan membaca kita bisa menghindari hoax, membagikan fakta yang benar sungguh ada keberadaannya,berdasarkan riset buku yang meyakinkan. Tentu ini bisa jadi lading amal kita dong.

Apa Saja yang perlu di tulis untuk menumpas Hoax di tahun politik?

Menuliskan fakta dan kebenaran adalah suatu kewajiban. Apalagi dimasa-masa kritis dimana setiap orang bisa dengan mudah diadu domba. Orang yang biasanya bias ngangkring bareng bias jadi pisah kongsi karena rasan-rasan yang belum tentu bener.
Sebagai julukan Netizen yang maha benar, kita pun tidak boleh bangga dengan istilah tersebut! Kita harus benar-benar buktikan bahwa netizen memang maha benar adanya, tentu dengan memastikan apa yang keluar dari jempol-jempol jari adalah hal yang benar.
Untuk itu, dalam materi kedua, sebagai bekal menghadapi masa-masa politik yang sudah hangat-hangat tai ayam ini. Pemerintah melalui Kominfo dalam acara Flash blog turut menghadirkan dari Pak Andoko Darta, perwakilan dari Sudut Istana. Sudut istana adalah bagian dari Istana Republik Indonesia yang memang lokasinya ada di Pojokan, dan bertugas untuk mendengarkan masukan-masukan dari masyarakat.
Andoko Darta membagikan sebenarnya apa sih yang sudah terjadi saat ini di pemerintahan. Dibalik caut marut berita entah hoax atau fakta di sosmed, sebenarnya ada di posisi mana saat ini Indonesia?
Ditahun ke empat pemerintahan Jokowi saat ini, Indonesia sedang dalam program Menuju Indonesia Maju. Pemerintah sadar bahwa menjadi Indonesia Maju. Jika tahun 2015 Pemerintah dalam membangun pondasi, di tahun 2016 adalah program percepatan, nah di tahun 2017 – 2019 ini pemerintah fokus dalam program pemerataan berkeadilan pembangunan manusia.
Perjalanan pemerintah yang ada saat ini bisa dilihat di berbagai akun social maupun internet. Secara terbuka mereka membagikan fakta terkini bisa melalui akun sosmed presiden langsung, meupun melalui akun Sudut Istana. Berikut salah satu fakta-fakta yang ada dirangkum dalam video dari pojok istana.
Dengan kemauan mencari fakta, dimana informasi pun sebenarnya bisa dengan mudah didapatkan saat ini, membuka kesempatan luas untuk membagikan fakta yang benar dan memerangi hoax.
“Bangsa kita adalah petarung! Jangan sampai kita hancur seperti syiria, yang bubar karena Hoax,” pesan Andoko Darta.

Pemerintah melalui Sudut Istana terbuka saran dan masukan dari masyarakat. Semua bisa dikirimkan melalui email: lasmi.purnawati@setkab.go.id.

Jadi kamu, sudah siap bergabung menjadi salah satu pejuang menumpas hoax di Indonesia?

 “Jangan Pernah Lelah Mencintai Indonesia” – Sukardi Rinakit

0 comments:

Post a Comment