Selamat datang Elementary OS: Linux Ala Mac yang Ringan & Cantik

Install Elementary OS. Welcome LOKI

Halo, mau nulis nih tentang pengalaman dan cara install elementaryOS Linux. Mumpung internet lagi ngebut, sambil nunggu update dan upgrade os :D

Sebelum dimulai saya mau sedikit cerita tentang pengalaman saya menggunakan sistem operasi Linux. Sebagai lulusan teknik komputer jaringan, saya sudah cukup familier dengan sistem operasi Linux karena memang saat SMK diajarinya ini, dulu sih pakai debian untuk bangun jaringan. Selain itu saya juga install Ubuntu untuk sehari-hari.

Tapi semenjak kuliah, saya harus beralih ke OS jendela untuk memenuhi tuntutan tugas dan skripsi. Sampai akhirnya setelah kemaren akhirnya bisa lulus kuliah hehe..
saya memutuskan kembali ke cinta lama saya di Linux <3

Alasan utama saya memilih linux sebenarnya karena OS ini ringan dengan gadget saya yang terbatas resourcenya. Selain itu lebih aman dari virus dan asyiknya ngotak-atik jadi alasan lain kenapa saya memilih os ini. Hehe dulu bisa berjam-jam saya habiskan tak terasa kalau lagi ngotak atik linux.

Namun karena makin kesini waktu ngotak-atik semakin terbatas. Akhirnya untuk migrasi kali ini saya memilih untuk mencari distro yang mudah, ringan, dan langsung pakai.

Beruntung kenal suhu idola, Wahid, tim research dari kantor lama saya yang juga pemakai linux. Langsung saya minta rekomendasi "Linux yang gampang gak pakai mikir susah, enak, enteng"

Elementary OS jadi pilihan pertama yang disarankan oleh Wahid. Langsung tanpa cas cis cus saya download dan install OS ini.

Cara install OS Elementary Linux 
1. Pertama saya download dulu di situs resminya di elementary.io
karena saya maunya gratisan :| pas isian donasi saya pilih $0
2. Setelah berhasil download, saya bikin installer usb, jadi saya install linux dari USB karena kebetulan laptop saya tidak ada CD roomnya.
3. Selanjutnya usb di colokkan ke komputer, ubah bootable nya ke USB di BIOS. Lalu nyalakan komputer :D
4. Ikuti panduan installnya,
saya inget banget dulu pas belajar installasi komputer, sebenarnya kunci untuk bisa install komputer adalah mau baca. Selain itu ada trik dari guru saya kalau mau install sebenarnya ikuti aja panduan postifinya, alias next next next..gitu aja hehehe..

tapi kuncinya di baca sih, karena sebenarnya tulisan dan panduan ada di setiap proses instalasi. Kalau kurang jelas bisa di search di mesin pencari, akan banyak pengertian dan solusi yang tersebar di internet.

5. OS Elementary Linux berhasil diinstal!!

Yeay..

So...
post ini emang tidak berisi tutorial lengkap, karena proses instalasi kemaren juga tidak saya dokumentasikan. Kalau mau cari tutorial lengkap dengan screenshoot bisa di cari di google ya :D hehehe

Sejauh ini sih saya menggunakan OS ini emang ringan sih. Tampilan menyerupai Mac, cantik, dan sudah ada bawaan browser, pemutar musik, penampil gambar, email, kalender, sama app center.
Driver juga sudah langsung jalan dengan baik, artinya saya nggak perlu lagi nyari driver untuk sound dan wifi. Semua langsung nyala, lancar jaya di notebook dibawah 3 juta dengan ram 2gb dan CPU AMD yang pas-pasan. ( Well, laptop saya pas di install pakai OS windows, buat buka browser 3 tab saja ngehang, dan harus di hard shut down alias dipencet tombol power untuk nyalain lagi...hiks..)

Dengan os yang ringan ini, bikin laptop saya juga bisa berjalan normal tanpa ngehang -hang lagi.

Sejauh ini belum ada keluhan.
Mungkin kekurangannya adalah belum ada aplikasi office bawaan, jadi harus install sendiri.
Selebihnya, semua gampang, ringan, dan cantik :D

Semoga awet dan betah ya Loki .Terima kasih <3

Sumber image: Wikipedia



Share:

0 comments