--> Panduan Memilih Desain Template Wordpress Terbaik | Mega.web.id '

Catatan Harian Mega

Monday, June 01, 2020

Panduan Memilih Desain Template Wordpress Terbaik

| Monday, June 01, 2020

Apakah saat ini Anda sedang mencari template wordpress untuk website Anda? Bolak-balik googling dari mulai keyword template teringan, seo friendly, template gratis, tempate demo premium, cari, download, lalu pasang tapi rasanya tidak ada yang pas? Waktu Anda tersita banyak untuk mencari tema yang pas? Jika iya artikel ini cocok untuk panduan Anda mempercepat proses pemilihan.

Bagi pemilik website baru dengan platform Wordpress dan  hosting sendiri, memilih template jadi sebuah pekerjaan yang tak boleh diabaikan. Kesesuaian pemilihan template berpengaruh langsung dengan keberhasilan sebuah website. Ibaratnya sebuah toko, template wordpress ini jadi tempat mendisplay barang dagangan Anda, entah itu konten atau mungkin dagangan. Jika konten atau barang dagangan sudah menarik, tapi tidak ditampilkan secara apik, orang-orang tentu tak tertarik untuk sekedar melihat. Tentu Anda tidak mau dong website kita sepi pengunjung?

Istilah-istilah saat memilih template

Berikut beberapa istilah yang perlu diketahui sebelum mendapatkan template terbaik untuk website Anda.

Wordpress: Wordpress merupakan salah satu platform terkenal untuk membangun sebuah blog/ website. Kemudahan yang ditawarkan, support, dan dokumentasi membuat Wordpress memiliki banyak pengguna. Wordpress memiliki fitur layanan gratis di layanan wordpress.com, namun juga bisa digunakan dengan menggunakan hosting sendiri. Penggunaan hosting untuk wordpress memungkinkan Anda untuk mengubah template dan memiliki alamat domain sendiri.

Wordpress Theme / Template Wordpress: Tema atau template yang mengubah tampilan dari website/ blog Wordpress Anda. Terdapat banyak sekali tema yang disediakan baik oleh wordpress sendiri maupun dari pengembang tema/ template.

Child Theme: Sub tema yang mewarisi dari template induk/ parent theme. Child theme adalah pengembangan dari parent theme, namun ketika parent theme di update, Anda tak akan kehilangan fitur-fitur dan costum child theme yang telah dibuat.

Parent Theme: Template induk yang sangat mudah dicostum untuk mengembangkan child theme Anda.

Theme Framework: Sebuah software / kumpulan kode yang memudahkan pemilik wordpress mengembangkan templatenya sendiri. Theme Framework biasanya membutuhkan sedikit lebih banyak kemampuan teknis.

Wordpress Plugin: Kode atau aplikasi yang dipasang untuk mendapatkan fitur atau fungsi baru dari blog.

Stylesheet: File berisi CSS ( Cascading Style Sheet) template yang menentukan tampilan, font, warna, dll dari template website Anda

SEO Friendly: Template yang SEO Friendly artinya template memiliki kriteria optimalisasi Search Engine sehingga diutamakan dan mendapatkan rating tinggi dan posisi di atas.

Memilih template Wordpress tentu penuh dengan banyak pertimbangan. Kali ini Jogja Camp membagikan 11 tips panduan yang dapat membantu Anda untuk mendapatkan template terbaik. Sebelas tips berikut bisa membantu anda menyortir pilihan-pilihan yang ada.

1.       Simpel

Apa tujuan Anda membangun website? Tentu ingin mendapatkan pengunjung. Entah konten maupun barang dagangan yang akan ditampilkan, Anda tentu ingin pengunjung datang dan nyaman ketika berkunjung. Maka menemukan template wordpress yang Simpel adalah kata kunci pertama yang harus ada dipikiran Anda. Bagaimana pengunjung bisa mengakses website dengan mudah dan cepat.

2.       Responsif

Memilih template Wordpress responsif sudah bukan jadi pilihan, tapi sebuah kewajiban. Tempate responsif artinya tampilan bisa menyesuaikan sesuai dengan reolusi layar pengunjung, salah satunya smartphone. Menurut Lembaga riset digital marketing Emarketer pada tahun 2018 jumlah pengguna aktif smartphone di Indonesia lebih dari 100 juta orang. Coba kita cek diri sendiri. Saat ini kita tentu lebih sering mengakses internet melalui smartphone. Pun begitu pula pengunjung dan calon pembelimu. Sekali lagi, memiliki template responsif adalah kewajiban

3.       Kompatibilitas Browser

Browser terdiri dari bermacam-macam jenis dari mulai Chrome, Firefox, safari, dll. Setiap browser ini dapat menampilkan kode website dengan berbeda-beda. Sekali lagi fokus memilih template untuk kemudahan pengguna. Pastikan template yang Anda pilih bisa diakses sempurna di banyak jenis browser.

4.       SEO Friendly

Ada yang bilang SEO adalah salah satu teknik marketing yang jitu. Search Engine Optimation atau usaha untuk membuat website ada diperingkat paling optimal di mesin pencari ini sangat didukung dengan penggunaan template yang SEO Friendly. Struktur meta data, layout, latar belakang, widget yang sesuai kebutuhan, tidak banyak menggunakan javascript menjadi kriteria untuk pemilihan template SEO Friendly.

5.       Ratting & Review

Jangan abaikan review dan ratting pengguna lain. Jika biasanya deskripsi suatu template berisi hal-hal baik dari pengembang, yang tentu bertujuan untuk marketing maka sebuah keharusan untuk mengimbangi dengan membaca ratting dan review pengguna lain. Apakah semua yang dituliskan, fitur-fitur, layanan, dan dukungan yang diberikan sesuai dengan apa yang disampaikan pengembang.

6.       Support Pengembang

Poin ini cukup sering diabaikan. Support pengembang ini sangat penting, karena semakin hari teknologi semakin update.  Support pengembang, atau dukungan dari pengembang template dapat membuat template terus update dan mengikuti perkembangan teknologi.

7.       Fitur

Fitur dari template membantu untuk mengoptimalkan website. Sebenarnya fitur ini bisa ditambahkan melalui Wordpress Plugin, tapi dukungan dari template biasanya juga sudah tersedia, sehingga lebih mempermudah dan meringankan website. Banyak sekali fitur yang ditawarkan oleh pengembang template, diantaranya tentang keamanan, kecepatan, validasi W3C, kemudahan untuk membuat fitur multi web, Jquery plugin, fitur keamanan Captcha, slider, count down time.  Pastikan untuk memilih fitur yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

8.       Dokumentasi Lengkap

Dokumentasi membahas tentang bagaimana penggunaan dan mengatasi kesalahan yang mungkin terjadi ketika menggunakan template. Dokumentasi biasa terdiri dari:

-          Cara menginstall / memasang template

-          Cara menggunakan demo template

-          Cara mengubah/ edit template sesuai keinginan Anda

9.       Support Embedded Media

Embedded Media seperti image dan video jadi hal yang sangat penting untuk membuat postingan di website menarik. Video meningkatkan 200-300% CTR (rasio klik) di sebuah website.

Hal tersebut menjadi penting untuk Anda memilih template yang punya dukungan embedded media yang luas dan ditampilkan dengan menarik.

10.   Kecepatan Loading

Selain simple, kecepatan juga jadi unsur utama dalam menentukan jumlah pengunjung website. Jangan sampai semua sudah memenui kriteria tapi ketika di akses membutuhkan waktu yang lama.

Pengujian sebuah template website apakah cepat atau tidak bisa dengan menggunakan situs https://gtmetrix.com. Website ini akan memberikan analisis detail apa saja yang membuat website lambat dan bagaimana membuatnya lebih cepat.

11.   Template Premium

Pilihan template Wordpress sangat beragam, salah satu kriterianya adalah gratis dan premium. Ada beberapa perbedaan tentang template premium dan gratis.

 

Template Gratis

Template Premium

-          Gratis

-          Di install di dashboard wordpress

-          Dukungan dari komunitas Wordpress

-           Update tidak tentu

-          Desain banyak digunakan orang lain

-          Harus hati-hati karena kemungkinan disisipi kode jahat oleh orang yang tidak bertanggung jawab ketika download dari website selain dari Wordpress

-          Berbayar

-          Harus download dan di unggah manual

-          Mendapatkan support langsung dari pengembang

-          Update secara berkala sebagai bentuk support dari pengembang

-          Dikembangkan secara profesional

-          Lebih mudah dicostum

-          Desain tidak pasaran

-          Lebih aman

 

Panduan di atas dapat membantu Anda menentukan template yang paling pas dan menghadirkan website yang cantik dan mudah diakses pengguna.

Diantara tips-tips diatas adakah hal lain yang menurut Anda penting? Bagikan kepada kami di kolom komentar ya J


Related Posts

1 comment: