Fokus Dong

Tadi malam seseorang bertanya kepada saya apa dan bagaimana Fokus itu.Saya jadi tertarik untuk membahasnya disini. Fokus disini bukan berarti tentang menyelesaikan satu pekerjaan saja,namun bagaimana diri kita bersungguh-sungguh menyelesaikan setiap pekerjaan. Nah kadang rasanya sulit untuk fokus dalam menghadapai beberapa pekerjaan.Disini saya cuma ingin share saja beberapa point cara mengatasinya.


1. Tinjau ulang tujuan dan niat anda melakukan pekerjaan tadi
Saya rasa ini sangat perlu jika kita memang punya tujuan dan niat yang kuat kata fokus itu akan mudah diraih.

2. Bagi Tujuan itu menjadi beberapa step langkah menuju yang utama
Misalnya kamu mempunyai tujuan menjadi ahli matematika. Maka dibagi saja menjadi beberapa step. Bulan Maret ini saya harus sudah menguasai bab Persamaan Kuadrat,bulan depan bab Logika Matematika dan seterusnya. Karena kadang kita sudah lemas dulu dengan tujuan kita yang mungkin terlalu tinggi,namun dengan membaginya seperti itu kamu pasti lebih ringan lebih yakin dan pd mengerjakan dan mencapai tujuan tadi.

3. Fokus dan terus mencoba fokus
Disini untuk mencapai suatu tujuaan kita memang dituntut untuk selalu fokus.Lakukan hal-hal yang mendukung hal-hal untuk mencapai tujuan. Ya misalkan kita ingin jadi ahli matematika tapi bukannya belajar tapi malah bermain game,kongkow tidak jelas.Lakukan hal-hal yang mendukung kegiatanmu dan mencoba untuk terus fokus.Hal-hal lain yang tidak bermanfaat untuk tujuan kita tinggalkan saja.
4. Tentukan deadline secara spesifik
Spesifik yang dimaksud tentu saja yang jelas, bukan hanya " tahun ini","bulan ini","besok" tapi tentukan secara jelas. Misal tanggal 20 Oktober 2009 saya harus sudah bisa menyelesaikan pr dari Guru Kimia. Dengan hal itu otak kita akan segera bekerja untuk segera menyelesaikan tugas tadi, dan tentu saja otak akan bekerja lebih baik dibanding kita berkata "secepatnya","tahun depan","bulan depan",dll. Ingat jangan terbiasa menunda-nunda pekerjaan karena ketika kita menununda pekerjaan saat ini sama saja kita menunda waktu istirahat diesok hari.

5. Ingatkan diri terhadap deadline dan tujuan tadi secara konsisten
Disaat tertentu perasaan kita meluap-luap penuh semangat untuk menyelesaikan suatu tujuan, tapi beberapa hari atau bahkan beberapa jam kemudian kita sudah lupa. Nah disini kita sendiri lah yang perlu terus mengingatkan diri sendiri akan semua tujuan yang ingin kita raih itu. TUlis di Notebook,komputer atau sediakan papan tulis dikamar untuk ditulisi dengan huruf besar target yang ingin kita capai untuk terus mengingat kan diri kita dan tidak kehilangan fokus.

6. Berikan Motivasi dan inspirasi kepada diri kita sendiri
Dengan mengingat kembali tujuan mencapai target kita biasanya kita sudah akan kembali fokus,namun tentu saja jika tujuan dan niat kita kuat, jika belum coba perbarui niat dan tujuan anda. Cari orang-orang yang berhasil dalam terget yang sama. Bayangkan bagaimana jika orang yang sudah berhasil dan sukses tadi adalah kita. Hal itu akan menamabah motivasi dan bisa menginspirasi kita untuk tetap fokus.

7. Hilangkan semua hal yang mengganggu
Matikan hp,yahoo massanger, facebook,tv dan sebagainya jika itu mengganggu konsentrasi anda. Kerjakan dulu yang menjadi target anda hari ini misalnya. Jika sudah selesai baru deh tuh sms,wall to wall,dan lain lain..Ingat target.

Ya mungkin itu dulu. Kalau ada yang aneh mohon dikritik,.sekedar menulis yang ingin ditulis :)
Walau fokus adalah bersungguh-sungguh menyelesaikan setiap pekerjaan,tapi bukan berarti kita harus menyelesaikan semua dalam waktu yang bersamaan. Susun sekala prioritas ,ingat otak kita tidak diset untuk "multitasking" mengerjakan semua bersamaan. Semoga sukses ^_^

Share:

0 comments