Sunday, November 24, 2013

Mari Menulis Dong


Hari ini Alhamdulillah bisa ikutan salah satu kegiatan dari BEM KM UNY, yaitu Workshop Kepenulisan. Workshop diisi oleh Pak Sunudyantoro (Tempo) dan Pak Yusuf Maulana (Pro-U media). Pak Sunu banyak bercerita tentang perkembangan Jurnalisme Warga ( Citizen Jurnalism) dan mengapa kita  harus mulai berpartisipasi didalamnya. Tips-tips menulis juga dibagikan oleh Pak Sunu. Beliau mengungkap bahwa Tempo bisa menjadi media yang profesional salah satunya karena memperhatikan hal kecil, seperti penggunaan kata, diksi, dan ejaan. 

"Bagaimana TEMPO bisa bicara tentang korupsi, membuka kasus-kasus besar, kalau masalah kecil seperti diksi saja masih salah" *jleb *kudu sinau lagi nih*


Pak Yusuf sebagai pembicara kedua lebih banyak memotivasi peserta workshop untuk berani menulis. 

"Berupaya jadi sempurna menghalangi hasil tulisan. Jangan nilai tulisan SAAT MENULIS. Pokoknya TULIS! Tulislah apa yang ANDA YAKINI BENAR" ungkap pak Yusuf. 

Banyak sekali hal menarik dan ilmu yang saya dapat di workshop ini, sayang acara yang dimulai dari pukul 9 pagi - 2 siang rasanya terlalu cepat. Semangat menulis jadi besar setelah ikut agenda semacam ini, semoga saja bisa terjaga.
Mari menulis....

“Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian.” 
― Pramoedya Ananta Toer

1 comment: