Jangan Game Terus Dong

Beberapa hari ini saya lagi ketagihan main game online. Game nya adalah Travian, tahu game ini kan? Game ini adalah game strategi perang. Pemain ditugaskan membangun desa dan kerajaan. Asyiknya game ini setelah dibangung bisa perang-perangan antar pemain gitu.


Ini bukan kali pertama saya memainkan game Travian. Saat SMK dulu saya juga pernah memainkan game ini, tapi masih belum begitu paham permainannya.


Terjerumusnya saya kembali main game online ini lagi sebenarnya bukan masalah kalau saya bukan #mahasiswayanglagipusingngerjainskripsi . Wong saya juga beberapa kali sempat main game juga kok. Tapi ya gitu, dengan status yang saya sandang serta pemahaman terhadap kejiwaan dan pribadi saya, keterlibatan diri ikut perang di dunia travian ini membahayakan kelangsungan hidup skripsi dan kerjaan saya. 

Gimana tidak membahayakan? kalau tiap minimal 15 menit sekali saya kepikiran harus membangun gudang lah, masuk akademi, bikin pasukan, serangan, ikut perang.  Bahkan saya sampai bangun desa lagi dengan email saya yang lain. Bangun desa lagi artinya saya mulai permainan baru lagi. Artinya saya mengurusi beberapa akun lain, yang bagi saya makin mengasyikan tentu saja. 

Haha...jelas dong ini procrastination yang menyenangkan. :))

Setelah beberapa hari waktu dan pikiran sukses terbelah ke game, saya akhirnya niatkan untuk berhenti. Masih niat. Itupun bukan niatan yang kekeuh karena tidak langsung segera saya ekseskusi. Malah saya makin asyik ngegame karena mikir " ah bentar lagi akan berakhir" 
hehe..penunda yang hebat kan ?

Hingga akhirnya tadi malam saya bulatkan niat dan putuskan harus menghapus akun saat itu juga. Segera saya nyalakan laptop dan konek ke internet. Begitu terhubung, saya masuk ke website nya game travian untuk login.
Eh begitu login tampilan tidak seperti biasanya, jadi kayak gini. 

Intinya itu surat cinta kalau saya ketahuan memiliki beberapa akun lain dalam server yang sama sehingga akun saya dikunci. Kemudian saya cek akun yang lain ternyata sama, semua dikunci juga.

Jadi inget teorinya professor favorit saya pak Yohannes Surya tentang MESTAKUNG. 

Mestakung = seMESTA menduKUNG merupakan hukum alam dimana ketika suatu individu atau kelompok  berada pada kondisi kritis maka semesta (dalam hal ini sel-sel tubuh, lingkungan dan segala sesuatu disekitar dia) akan mendukung untuk dia keluar dari kondisi kritis.
Ya walau kondisinya tidak seekstrim teorinya, tapi jadi berasa banget kalau ini didukung banget sama alam ( dalam hal ini sistem komputer) haha.. Pas udah niat mau hapus akun, eh udah dikunci dan dihapusin sama yang punya server.

Jadi karena sudah dihapus, saatnya kembali fokus lagi. Ngegamenya dilanjut kapan-kapan lagi aja , kalau beneran pas selo ;)


Sumber image : travian.com

Ps. Yang belum tau "Procrastination is the practice of carrying out less urgent tasks in preference to more urgent ones, or doing more pleasurable things in place of less pleasurable ones, and thus putting off impending tasks to a later time, sometimes to the "last minute" before the deadline."



Share:

0 comments