Monday, December 05, 2016

Museum Gunung Merapi, Wisata Edukasi Kebencanaan Gunung Api

Foto 2011 & 2016 Saat Kunjungan ke MGM

Jogja merupakan salah satu daerah yang memiliki beberapa potensi bencana alam. Menurut data dari Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta, secara fisiografis bencana di DIY dibagi menjadi 3 macam yaitu bencana dari gunung api Merapi, bencana longsor dan erosi dan bencana banjir.

Meski begitu masyarakat Jogja tetap hidup nyaman dan damai. Karena disisi lain, salah satu tempat waspada bencana, seperti gunung api Merapi telah memberikan banyak manfaat bagi kehidupan sehari-hari bagi masyarakat sekitar.

Keberadaan Gunung Api Merapi memang memberi dampak positif, selain sebagai sumber penghasil material, penyubur tanah. Gunung Api Merapi yang jadi salah satu potensi bencana ini juga jadi aset wisata yang menghasilkan devisa daerah.


Bermain dan mengenal Gunung Merapi


Kunjungan bersama Blogger Jogja & Solo
Post kali ini saya akan membahas tentang gunung Merapi. Beberapa waktu lalu saya bersama rekan-rekan blogger diajak berkunjung ke museum Gunung Merapi. Lokasinya  Jalan Boyong, Dusun Banteng, Desa Hargobinangun Kecamatan Pakem Kabupaten Sleman.


Dari kunjungan ini kita bisa dapat banyak sekali info seperti :
1. Informasi ilmiah tentang gunung api, kegempaan, gerakan tanah.
2. Proses-proses geologi yang ada dipermukaan bumi seperti struktur geologi gunung api, produk hasil dan proses letusan
3. Info mitigasi bencana
4. Info sumberdaya gunung api dan potensi yang ada
5. Aspek-aspek budaya di lingkungan gunung berapi.


Kami juga sempat diajak nonton film tentang gunung merapi. Serius ini film nya kereeen banget. Cara shoot gambarnya sangat menarik dan sangat menjelaskan tentang bencana Merapi. Saya rekomendasikan tonton film ini untuk lebih paham dan mengenal Merapi.

Bagi yang ingin berkunjung ke MGM ini bisa langsung datang ke lokasi. Sudah ada digoogle maps, dan aksesnya juga sangat mudah.

Harga Tiket Masuknya :Rp. 3000
Untuk nonton film : Rp.5000

Harga yang sangat terjangkau untuk wisata yang penuh manfaat.



0 comments:

Post a Comment