Sunday, December 04, 2016

Virus Safety Riding Sederhana Tapi Penting Diketahui Demi Umur Yang Lebih Panjang

Safety gear| Img: Yamaha Motor Jakarta
"Virus safety riding harus ditularkan ke banyak orang!”
Virus apa lagi ini ?
Tentu dong bukan virus penyakit. Bukan pula virus-virus cinta 💚 😳
Tapi virus tentang bagaimana berkendara yang aman. Terutama sepeda motor!

Tahun lalu 2015, 27.000 orang meninggal dunia akibat kecelakaan lalu lintas. Dari jumlah tersebut, mayoritas korban adalah pengendara sepeda motor dengan usia produktif.

Well diluar usia memang sudah digariskan Yang Kuasa, tapi menjaga diri sebagai bentuk syukur dengan harapan umur panjang tidak ada salahnya kan?

Safety riding ini jadi salah satu hal penting yang perlu dipelajari dalam upaya ‘ngawet-awet’ hidup.

Kebetulan hari Minggu lalu saya diberi untuk ikut sebuah acara Safety Riding dari Yamaha Riding Academy Jogja. YRA adalah salah satu bagian dari Yamaha yang bertugas memberikan sosialisasi ke masyarakat tentang pentingnya safety riding. Motor Yamaha memang sangat mementingkan pengendaranya melakukan safety riding. Untuk lokasi YRA Jogja ini ada di area Stadion Maguwoharjo.

YRA ini secara rutin mengadakan pelatihan dan sosialisai ke masyarakat. Kemarin itu jatahnya kami para blogger & motovlogger dapat kesempatan belajar langsung dari ahli-ahli safety riding yang berpengalaman dan bersertifikat.

Safety Mind Salah satu poin penting dalam berkendara

Suasana praktek kelas | Img: Twitter @YRAjogja
Sebelum belajar tentang safety riding, sangat penting untuk punya safety mind terlebih dahulu. Safety mind ini berupa kesadaran pribadi untuk melakukan safety riding. Jadi misalnya pakai helm bukan karena takut ketilang polisi, tapi karena sadar penuh helm ini untuk kemanan diri sendiri. Duh jangan sampai kayak gini ya

Jangan ditiru | img: Hipwee.com

Lha terus caranya gimana biar sadar penuh? Coba dulu deh kenali resikonya. Disini saya jadi inget pamphlet yang ada di rel-rel kereta.

"Ingat keluarga anda menunggu dirumah"

Lalu penting juga menerapkan safty mind ini mulai dari sekarang dengan tiga hal :
1. memakai safety gear untuk tindakan preventif
2. Cek kondisi motor sebelum berkendara
3. Patuhi peraturan lalu lintas

Virus safety Riding Oleh YRA Jogja

Breafing dulu sebelum praktek | Img: twitter @YRAJogja

Sudah punya kesadaran penuh untuk berkendara yang aman? Mulai dari sekarang lakukan 11 hal tips yang dibagi oleh YRA.
 1. Hati-hati terhadap penyebrang anak
Karena anak-anak kebanyakan belum paham lalu lintas. Mereka kadang sering sruntal-sruntul dijalan ( orang tuanya kemana yaa huf) Yaa jadi perlu hati-hati!
2. Pastikan helm mu Klik! Talikan dg benar!
3. Kenalkan safety riding sejak dini, anak2 juga rawan mengalami kecelakaan dan biar ndak sruntal-sruntul dijalan raya.
4. Gunakan pakaian terang saat berkendara agar mudah dilihat pengendara lain.
5. Jaga kecepatan kendaraan motor. Kecepatan aman saat berkendara bergantung skill pengendara. Pastikan kontrol motor ada di tangan kita sendiri.
6. Jaga kesopanan berlalu lintas. Ini penting, namanya juga jalan raya milik umum.
7. Pelan pas diarea yg ramai. Jangan pas ramai terus belaga mau kebut-kebutan.
  Biar diliat wah. Nooo jangan!!! Pas ramai ini malah rawan, kita harus tetap pelan.
8. Ride to be seen. Pastikan terlihat pengendara lain,pakai baju cerah dan lampu nyala
9. stop on red. Iya merah itu berhenti, ijo jalan. Bukan sebaliknya.
10. Jangan mendahului di tikungan.
11. Hati-hati dipertigaan dan persimpangan
12. Kalau kendaraan depan berhenti, pasti ada sesuatu. Slow down, pelan aja ga usah buru-buru

Itu dua belas tips sederhana. Tapi penting banget lho buat dipraktekan, tapi seringnya kita lupa. Seneng sekali ikut acara YRA kemarin karena dapat kesempatan untuk tahu hal-hal sederhana tapi penting buat memperpanjang hidup, menghindari kecelakaan di jalan raya.

Well yeah, selain poin-poin tadi masih banyak yang dipelajari di kelas safety riding Yamaha. Kami juga langsung praktek lhoo untuk belajar naik motor yang benar. Saya dapat kesempatan naik motor Yamaha NMax yang saya pikir berat tapi ternyata enak banget!

Selain teori, praktek kami juga ada kompetisi untuk lomba dengan melakukan praktik Chidori (berjalan zig-zag di palang kecepatan rendah), praktik Slalom (berjalan zigzag kecepatan sedang) dan Breaking (melakukan pengereman dengan kecepatan tertentu).

Diakhir acara saya dan rekan-rekan blogger & motovloger juga mendapat sertifikat dari Yamaha telah menyelesaikan pelatihan safety riding. Terimakasih Yamaha & YRA Jogja. Sukses & mari kita tebarkan virus berkendara aman ke seluruh masyarakat Indonesia!

0 comments:

Post a Comment