Sunday, March 05, 2017

Sudah Pernah Coba 5 Kuliner Khas Yang Hanya Ada Di Jogja Ini?

Berkunjung ke suatu daerah tak afdol rasanya jika tak menjajal kuliner khas di sana. Salah satunya Jogja, yang terkenal sebagai kota wisata dan baru-baru ini mendapatkan penghargaan Kota Terbaik Kategori Pariwisata di Attractiveness Award tahun 2016.

Kota wisata yang terkenal murah ini menyimpan bermacam kuliner unik. Tentu tak hanya gudeg dan bakpia yang memang sudah melegenda. Masih banyak kuliner unik yang wajib dicoba dan hanya bisa ditemukan di kota yang punya julukan kota budaya ini.

Berikut lima kuliner murah meriah yang wajib di cicip untuk melengkapi liburanmu. Tenang saja, mencoba kuliner dibawah ini tak akan menguras kantong, harganya sangat terjangkau!


1.Sate Klathak

sate klatak jogja

Sate klathak ini adalah kuliner khas jogja yang menyajikan sate dari daging kambing muda. Keunikannya berada pada tusuk yang digunakan, yaitu jeruji besi sepeda! Jelas ini memberikan kenikmatan tersendiri karena pembakaran daging jadi lebih matang merata. Meskipun potongan daging sate klatak ini lebih besar dari sate biasa, tapi tetap menghasilkan daging sate yang empuk dan gurih.

Untuk menikmati sate klathak ini kita bisa datang ke daerah timur Jogja, masuk area Bantul. Walaupun saat ini sudah mulai banyak warung sate klathak yang buka di area kota. Tanyakan saja ke staff hotel di Jogja tempatmu menginap, mereka pasti bisa memberikan rekomendasi tempat terdekat membeli menu istimewa ini.

Harga: Mulai dari Rp. 12.000


2.Kipo

Kipo Kotagede (img: https://addintabunga.wordpress.com)
Kipo adalah kue basah berbentuk lonjong kecil datang dari ujung selatan kota Jogja, yaitu di Kotagede. Membuat Kipo harus melalui beberapa tahap, sehingga produksinya sangat terbatas dan hanya ada di Kotagede. Kipo ini sudah dibuat sejak tahun 1949.

Kulit kipo berwarna hijau berasal dari tepung ketan yang diberi warna dari daun suji. Didalamnya kemudian diisi enten-enten. Enten-enten adalah parutan kelapa muda dan gula jawa. Pembuatan kipo ini cukup ‘njlimet’ namun berhasil menghasilkan jajan enak yang diburu banyak orang. Lokasi Kotagede yang cukup jauh di pusat kota bisa dijangkau dengan memanfaatkan transportasi umum. Akan lebih baik agar bisa mengatur waktu sendiri kamu bisa sewa motor atau sewa mobil di Jogja. Agar bisa sekalian menikmati napak tilas kerajaan Mataram saat berburu kuliner ini di Kotagede.

Harga : Rp. 2500 perbungkus (isi 5 buah)


3. Kopi Jos

Kopi Jos Jogja ( Img: http://www.jogjasukasuka.com/)

Angkringan adalah salah satu icon kuliner di Jogja yang tak bisa dilewatkan. Gerobak dorong, lampu senthir, dan ceret diatas tungku api selalu bisa ditemukan di sudut-sudut kota Jogja saat malam hari. Salah satu yang terkenal adalah angkirngan Tugu. Lokasinya berada di sekitar stasiun Tugu Yogyakarta.

Menu terkenal dari angkringan Tugu ini adalah kopi Jos. Kopi ini tak seperti kopi biasanya yang hanya di seduh dengan air panas saja. Kopi jos hadir unik dengan campuran arang api yang masih membara. Bagaimana rasanya? Tentu saja nikmat dan kamu harus coba sendiri!

Harga: Rp. Rp. 3000- Rp. 5000


4. Sego Kucing

Sego Kucing (img: Resepaneka.info)
Masih di Angkringan, sego kucing ini juga menu andalan khas Jogja. Sego artinya nasi. Ups..tapi jangan berfikir ini nasi dengan kucing lho! Sego kucing adalah nasi dengan lauk sambal teri atau oseng tempe, dengan porsi kecil. Sama dengan porsi makan kucing. Makanya makanan ini disebutsego kucing.

Menu sego kucing ini selalu bisa ditemui di angkringan Jogja saat malam hari. Biasanya ditemani dengan gorengan tahu, tempe, sate telur puyuh dan sate keong. Menikmati menu sederhana ini akan melengkapi pengalamanmu menjelajah kota Jogja yang syahdu.

Harga: Mulai dari Rp. 1000


5. Sate Kere

Sate kere (img: tribunnews.com)
Jogja selalu punya cara khas mengubah sesuatu menjadi sederhana. Menu sate yang biasanya berasal dari daging, makanan mahal, diubah menjadi sederhana dalam menu sate kere. Sate kere yaitu sate gajih dari daging sapi yang bisa di temui di pasar Bringharjo.

Jangan ditanya cita rasanya. Dari asap sate kere saja sudah menggoda iman. Wajib lupakan diet sejenak ketika bertemu kuliner satu ini.

Harga: mulai Rp.10.000 ( isi tiga tusuk)

Dari lima kuliner diatas, kamu sudah coba kuliner yang mana saja? Pastikan jangan ada yang terlewat ya agar liburanmu ke Jogja semakin lengkap!

2 comments:

  1. Saya suka nomer 5, waktu kecil sering beli jajanan satu ini....

    ReplyDelete
  2. kalau kipo mungkin sekarang sudah banyak yang tahu tetapi belum sempat mencicipi. ada kudapan lain yang banyak yang belum tahu, carang gesing. hehe

    ReplyDelete