Sunday, December 10, 2017

TIPS ASI EKSKLUSIF DARI JOGJA OXITOCYN JOURNEY


Setiap ibu ingin memberikan yang terbaik untuk anaknya. Sepakat dengan pertanyaan ini?

Sebagai wanita insyaallah calon ibu saya sepakat dengan pernyataan itu. Saya merasakan sendiri bagaimana sosok ibu saya sendiri selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk saya.

Alhamdulillah Sabtu lalu saya mendapatkan kesempatan untuk bisa bergabung di sebuah acara bersama komunitas Best Bunda dalam Jogja Oytocin Journey di UMA Dapur Indonesia. Acara ini diisi oleh Arit Widowati, yang merupakan konselor menyusui dengan pengalaman ASI Eksklusif untuk 4 anak dan1 calon bayi. Dalam acara ini saya diberikan banyak bekal dan pengetahuan baru tentang pemberian ASI EKSKLUSIF, langsung dari ahli dan konselornya.

WHO memiliki anjuran untuk ibu menyusui selama dua tahun. Hal ini juga ddukung dengan dasar Al-Quran, salah satunya ada tertulis dalam surat Al-Baqarah 233. Anjuran menyusui dengan ASI Eksklusif ini tentu tanpa alasan. Banyak manfaat yang bisa didapatkan ketika seorang Ibu memilih memberikan ASI Eksklusif selama dua tahun.

Dari acara kemarin saya merangkum ada lima tips yang bisa diterapkan oleh ibu menyusui atau yang sedang mempersiapkan kelahiran agar bisa berhasil menyusui asi eksklusif selama dua tahun.

1. Niat yang Kuat dan Yakin Sukses ASI Eksklusif 2 tahun
Niat ini jadi landasan kuat untuk sukses menyusui ASI Eksklusif selama dua tahun. Bagi yang muslim, landasan iman dan takwa juga bisa dijadikan dasar untuk memiliki niat dalam usaha menyusui asi selama 2 tahun.

2. Persiapkan Sejak Proses Persalinan
Persiapan dan niat sebaiknya dimulai sebelum proses kelahiran. Penting untuk melakukan survey fasilitas bersalin yang akan digunakan, apakah pro IMD dan Pro ASI yaitu bayi ada dalam kamar yang sama dengan ibu. IMD juga dilakukan sampai bayi benar-benar menemukan sendiri putting ibu, yang biasanya sampai 1 jam. IMD ini juga dilakukan sebelum bayi dimandikan, sebab aroma air ketuban mirip dengan ASI sehingga memudahkan bayi menemukan putting ibu saat proses IMD.

3. Dukungan Keluarga
Lingkungan sangat berpengaruh dalam proses ibu menyusui. Pada 72 jam pertama kehidupan bayi sebenarnya bayi belum membutuhkan asupan kecuali ASI, tidak apa-apa jika bayi menangis, sebab kondisi dunia luar memang tidak sehangat dalam rahim. Keluarga penting untuk mendukung ibu agar tetap menyusui dan menyusui lagi.
Pahami juga tanda cukupnya ASI sehingga ibu & keluarga percaya diri bahwa ASI EKSKLUSIF memang harus diteruskan dan diterapkan. Bayi umur satu hari mengeluarkan pipis minimal satu kali, umur dua kali minimal dua kali,seterusnya hingga enambulan minimal enam kali sehari. Pertambahan berat minimal 500 gram perbulan juga jadi pertanda ASI ibu cukup bagi bayi, sehingga tidak perlu melirik sufor untuk membantu nutrisi bayi.

4. Rileks Dan Bahagia
Produksi ASI dipengaruhi oleh dua hormone yaitu hormone prolactin dan hormone oksitosin. Prolaktin berfungsi memproduksi ASI, sementara oksitosin ini yang mengeluarkan ASI dari payudara. Hormon oksitosin ini basa disebut hormone cinta, dia akan muncul ketika ibu rileks dan bahagia.

5. Kunjungi Konselor ASI
Setiap ibu tentu menemui beragam hal berbeda dalam proses menyusui asi eksklusif selama dua tahun. Ada yang lancer, ada pula yang harus menemui beberapa tantangan lebih. Mengunjungi konselor ketika ibu ASI Eksklusif menemui tantangan yang tidak bisa dipecahkan sendiri atau bersama keluarga. Konselor akan memberikan saran terbaik berdasarkan masalah yang dihadapi. Misalnya dengan menggunakan ASI Booster tea. ASI Booster Tea adalah minuman pengganti teh formulasi rempah-rempah yang dapat membantu meningkatkan produksi ASI hingga 900%. Ada pula minuman serbuk praktis (ABT Superdrink yang bisa dikonsumsi secara lebih cepat.
Bagi Anda yang berminat berkonsultasi dan mendapatkan produk ini bisa menghubungi :

Website: www.asi.web.id
Facebook: http://fb.me/asi.web.id
Instagram: http://instagram.com/asiboostertea
Twitter: http://twitter.com/sumberinfo_ASI

0 comments:

Post a Comment