Monday, January 01, 2018

10 Hal yang Saya Pelajari di Usia 25 Tahun


Halo!
Selamat tahun baru!

Tahun 2017 jadi tahun yang cukup menantang, terasa tidak terlalu menyenangkan tapi diakhir-akhir ini saya bersyukur karena banyak hal yang saya pelajari.

Tahun 2017 usia saya menyentuh angka 25. Ada yang bilang diusia ini rentan mengalami Quarter-Life Crisis. Yah saya sendiri belum pernah belajar tentang hal itu, tapi memang diusia ini terasa banyak tantangan baru yang membuat saya harus banyak berfikir dan belajar. Ada 10 pelajaran yang berhasil saya kumpulkan di tahun 2017 ini:

 1. Sayangi dirimu sendiri, bahagiakan dirimu sendiri. Ini jadi modal awal untuk bisa berbagi kebahagiaan dengan orang lain.

2. Jangan terlalu banyak mengeluh.
Mengeluh hanya menambah beban semakin berat dan bikin makin capek.

3. Tak apa-apa sesekali mengeluh, tapi mengeluhlah pada orang yang tepat, yang bisa kasih sudut pandang baru untuk menemukan solusi.

4. Hati-hati, tenang, dan jangan tergesa-gesa
Target dan tekanan yang terasa mengikat, dan mengajak berlari membuat posisi selalu berada di kata "SEGERA". Hati-hati, melakukan sesuatu dengan ketenangan dan tidak tergesa-gesa sebenarnya lebih mempermudah keadaan.

5. Meditasi dan fokus dengan nafas, berhasil membantu untuk tetap berada di "masa sekarang" Ini cukup membantu saya jika mulai khawatir, terlalu berfikir ke depan atau ke masa lalu.

6. Sangat penting untuk mengatur keuangan
Menyediakan dana cadangan, dana masa depan, tabungan, banyak sekali yang saya pelajari tentang pengaturan keuangan ditahun 2017. Uang itu hanya alat bukan yang paling penting hidup, tapi perlu diatur agar bisa mendukung & tidak mengganggu hidup.
7. Mulai lakukan investasi, semua orang bisa lakukan investasi dari gaji berapapun

8. Menyesali dan bergerak mampu memperbaiki keadaan. Jangan hanya menyesal lalu diam saja dan menyalahkan diri sendiri. Bergerak meg. Bergerak.

9. Bertanggung jawab penuh atas apa yang sudah dipilih. Hidup sepenuhnya jadi tanggung jawab diri sendiri, bukan orang lain, bukan orang tua, bukan keluarga.

Yah itu beberapa yang berhasil saya kumpulkan dalam waktu singkat. Tentu saja masih banyak hal yang lain yang cukup untuk jadi bekal menghadapi tahun 2018 dengan beragam tantangan lain dan pelajaran-pelajaran lain!
Yes. I'm Ready!

How about you?

Img: https://pixabay.com/p-2836881/?no_redirect

1 comment: