--> #Hari1 Program 100 Hari Normal BMI | Mega.web.id '

Catatan Harian Mega

Thursday, April 16, 2020

#Hari1 Program 100 Hari Normal BMI

| Thursday, April 16, 2020


Halo! Apa kabar? Semoga saya harap semua dalam kondisi terbaik, sehat, dan penuh berkah. Aamin.

Saya ngetik ini masih dalam kondisi ngos-ngosan habis ikutan workoutnya Mbak Jillian Michelle yang 30 Days Sherd.

Jadi ceritanya saya itu mau bikin program 100 hari menuju Normal BMI. Seperti namanya program ini saya buat sendiri untuk menurunkan berat badan saya menuju angka normal dalam hitungan BMI. Buat yang belum tahu, BMI adalah Body Mass Index.

Kenalan dengan BMI

BMI adalah salah satu cara yang umumnya digunakan untuk mengukur masa tubuh dengan standar kesehatan. Perhitungannya cukup simple, dengan membagi berat badan dalam kg dengan tinggi badan dalam meter kuadrat.

Masih banyak perdebatan sebenarnya tentang menghitung standar masa tubuh dengan BMI ini. Beberapa ahli bilang kalau BMI kurang akurat. Walaupun begitu sebagian meyakini bahwa mengukur standar masa tubuh dengan BMI sudah cukup dan mudah digunakan.

Sebenarnya ada sih cara pengkuruan lain dengan mengukur variabel misal jumlah lemak, cuma alatnya mahal, terus kalau saya mau cek harus ke gym dan terdaftar jadi anggota. Oleh karena itu buat projek kali ini saya menggunakan BMI saja untuk standarnya.

Apaan tuh Program 100 Hari Normal BMI?

Program ini bikinan sendiri aja sih, hehe.. tantangan buat diri saya sendiri. Jadi selama 100 hari kedepan saya bakal ngelakuin berapa kegiatan demi menurunkan standar BMI saya menjadi normal.

Saat ini saya menghitung BMI saya ada di status obesitas 1, dengan angka 29.9. Dua tahun terakhir memang berat badan saya naik tidak terkira hampir 20 kg karena tidak kontrol makan dan stress. Alhamdulillah dari sisi stress saya sudah lebih baik, namun dari fisik memang mulai terasa berat di badan. Mengangkat badan dan nafas rasanya mudah ngos-ngosan.

Nah sekarang saya mau serius menurunkan berat badan saya sehingga bisa kembali ke normal menurut standar kesehatan. Sebenarnya program menurunkan berat badan ini sudah saya mulai sejak Desember tahun lalu. Berat saya kala itu sudah mencapai 85 kg, terberat selama hidup saya. Baju gak muat  semua hahaha..

Per april tanggal 16 ini berat saya sudah mencapai angka 79.9. Sudah turun sekitar 5 kg. Alhamdulillah. Nah untuk lebih mengoptimalkan perjalanan menuju Normal BMI, saya membuat program ini.

Selama 100 hari saya akan melakukan diet sehat. Ada tiga yang akan saya lakukan:

1. Olahraga
2. Mengurangi jumlah kalori & kurangi gorengan
3. Minum air putih

Iya emang cuma sederhana sih..
Tapi mari kita coba apakah program ini berhasil.

Sekitar dua tahun lalu saya juga sudah pernah bikin kayak ginian, dan alhamdulillah bisa turun sampai 10 kg an. Mari dicoba lagi.

Oiya saya tidak akan melakukan diet yang ekstrim di sini. Saya berusaha untuk tetap sehat, jaga kesehatan, dan fit bukannya malah lemes.

#Hari1


Hari ini saya mengawali hari dengan olahraga dari Mbak Jillian Michele yang 30 Days of Sherd. Dulu saya juga sudah pernah menyelesaikan challange ini.
Ada tiga level, dan saya dulu bisa enteng sampai level tiga.

Tapi setelah dua tahunan tidak olahraga sama mbak Jillian ini, kemampuan saya turun drastis. Astaga. Rasanya mau mati padahal baru level 1.

Haha..

Tapi berhasil diselesaikan sampai menit terakhir dengan keringet yang bercucuran.

Masih hari pertama. Masih ada 99 hari lagi. Mari semangat!


Oiya saya mau kasih foto saya pas akhir Oktober yang bikin saya diet dari mulai Desember tahun lalu. Foto ini yang bikin saya sadar. Welok aku gede banget..



Bukan berarti saya benci diri saya, menurut saya masih cantik tapi rasanya cuma pengen lebih kecil lagi terus bisa  pakai baju cantik-cantik dengan nyaman. Hehe...

Semoga semua bisa sesuai rencana dan berhasil sampai hari terakhir!







Related Posts

No comments:

Post a Comment