Catatan Harian Mega

Friday, August 16, 2013

Resep Pergedel Kentang

| Friday, August 16, 2013
Pengen masak sesuatu buat buka puasa nanti.  Saya ada waktu 1 jam, habis jumatan harus udah selesai. Jam 11 pas istirahat, saya meluncur ke pasar Kotagede. Sebenernya cuma mau ke warung sebelah, tapi kok pengen golek howo ke pasar. Ternyata pasar masih lumayan rame. Pulang-pulang dapet kentang setengah kilo 6000 sama, mi kuning 3000 (nggak nawar, harusnya 2500 :D hehe ). Kepikir buat masak oseng mie, sama pergedel kentang aja. Ini buat resep pergedelnya :

Bahan :
- Kentang 1/2 kg
- Telur ayam 1 butir

- Bawang goreng
- Merica
- Garam
- Seledri
- Penyedap rasa royco

Cara masak :

Potong kentang, nggak usah tipis-tipis. Kalau saya sih satu tak bagi enam. Habis itu kentang digoreng. Siapin merica atau lada bubuk juga bisa, di haluskan. Kentang yg udah digoreng dihaluskan. Pisahkan kuning telur sama putih telurnya. Yang kuning dimasukkan ke adonan kentang. Tambah juga garam , bawang goreng dan seledri ke adonan kentang campur sampe rata. Bentuk bulat gepeng, celup ke putih telur, lalu digoreng deh.

Udah jadi pergedelnya, nggak sampe satu jam sih saya masak oseng mie sama pergedel ini, tapi karena pake acara keabisan telur dan harus nyepeda lumayan jauh ke toko yang jual telur, jadi pas deh 1 jam. Alhamdulillah.. :D
Saya suka pergedel, karena gampang bikinnya dan enak. Bisa disimpen juga, jadi adonan yang udah dibuletin taruh dikulkas dan bisa digorenng nanti pas hampir maghrib. 

Related Posts

No comments:

Post a Comment