'

Catatan Harian Mega

Thursday, July 09, 2020

Makanan Gizi Seimbang untuk Anda di Tengah Wabah

| Thursday, July 09, 2020
makanan gizi seimbang

Halo apa kabar? Semoga selalu sehat dan diberikan ketenangan serta kedamaian ya. Kali ini saya mau bahas tentang makanan gizi seimbang. Topik ini penting diperhatikan di masa pandemi yang menuntut setiap orang memiliki badan yang bugar dan daya tahan tubuh yang terjaga.

FAO atau Food Agriculture Organization/ Organisasi Pangan dan pertanian dari PBB menyatakan bahwa pola makan gizi seimbang yang sehat penting untuk mengatasi infeksi, salah satunya Covid 19 yang sedang menjadi pandemik.

Meskipun menurut BDA ( British Diettitian Association) dan EFSA ( European Food Safety Authority) belum ada maknan dan komponen bahan yang secara khusus meningkatkan kekebalan untuk cegah covid, namun zat gizi dari makanan yang seimbang dapat membantu sistem kekebalan badan menjadi lebih baik.

Menjaga makanan gizi seimbang dapat membantu mendukung sistem daya tahan di tubuh Anda. Kali ini saya akan bagikan beberapa panduan pola makanan sehat yang bisa diikuti selama menghadapi pandemi ini:

1. Makan dengan komposisi asupan dan nutrisi yang lengkap

Jangan berfikir bahwa makan hanya untuk membuat perut kenyang. Pastikan Anda paham bahwa makan ini digunakan untuk memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi hingga akhirnya menjaga kesehatan tebuh.

Kementerian Kesehatan sendiri menganjurkan untuk memenuhi kebutuhan gizi ini dengan piring sajian yang diisi karbohidrat, vitamin, protein, mineral yang semuanya seimbang.

2. Batasi Gula, Lemak, dan Garam

Gula adalah sumber energi yang dibutuhkan oleh badan kita, namun jika berlebihan bisa berbahaya sebab bisa menyebabkan diabeter tipe dua. Sebenarnya konsumsi gula sendiri bisa tercukupi dari makan buah-buahan yang memiliki gula alami, sehingga sebetulnya gula tambahan tidak dibutuhkan badan kita.

Garam juga dianjurkan tidak berlebihan dikonsumsi sebab dapat menjadi pemicu hipertensi hingga penyakit stroke. Sementara untuk lemak digunakan untuk cadangan energi namun juga dikonsumsi berlebihan dapat meningkatkan resiko sakit jantung dan kanker.

Kementerian kesehatan memberikan anjuran untuk konsumsi gula, lemak dan garam dengan rumus G4 G1 L5.

- Konsumsi Gula sebaiknya tidak lebih dari 4 sendok makan atau 50 gram

- Konsumsi Garam tidak lebih dari 1 sendrok teh atau 2000 mg sodium/natrium atau 5 gram.

- Lemak sekitar 5 sendok makan minyak atau sekitar 67 gram.

3. Makan banyak sayuran dan buah

Sayuran dan buah-buahan dapat membantu Anda memenuhi kebutuhan mineral dan vitamin bagi badan Anda. Pastikan Anda lebih memilih buah dan sayur yang segar sebab nutrisinya lebih tinggi jika dibanding produk olahan/ kaleng/ yang sudah dibekukan.

4. Konsumsi cairan sesuai kebutuhan

Mengkonsumsi air putih dapat menjaga daya tahan tubuh dan menghindari dehidrasi. Setiap harinya setidaknya Anda perlu minum air putih sebanyak 6-8 gelas. Hindari mengkonsumsi minuman yang banyak mengandung gula ya apalagi minuman kemasan dan soda. Segarnya memang menyenangkan, namun kandungan gulanya biasanya sangat tinggi dan jika berlebihan dapat mengganggu keseimbangan gizi tubuh Anda.

5. Jaga kebersihan makanan Anda

Meskipun saat ini belum ada bukti bahwa penyakit wabah pandemik ini dapat menyebar lewat makanan, namun kita tetap harus waspada dengan menjaga mengkonsumsi makanan yang higienis.

Pastikan makanan dimasak sempurna dan menggunakan bahan baku yang aman dan bersih.

Itulah lima hal yang perlu diperhatikan untuk mengkonsumsi Makanan Gizi Seimbang. Jangan lupa untuk tetap menerapkan Perilaku Hidup Bersih Sehat dengan rajin cuci tangan dengan sabun dan menjaga interaksi / social distancing serta pakai masker ya.

Semoga bermanfaat.

Related Posts

No comments:

Post a Comment