5 Hal Penting Dilakukan Agar Tak Salah Ambil Salah Jurusan & Berprestasi Setelah Lulus SMA


Lulus & dapat jurusan terbaik bersama Kooliah |img: jateng.tribunnews.com
Lulus SMA jadi titik awal kehidupan sebagai manusia dewasa. Walaupun secara pembagian usia psikologis usia SMA masih masuk ke remaja, namun sudah banyak pilihan hidup yang menuntut lulusan SMA menentukan keputusan yang mempengaruhi masa depan. Apakah kamu juga merasakannya?

Setelah lulus mau kemana? Kuliah jurusan apa? Apakah kuliah ini bakal cocok dengan kelebihanku? Apakah bisa bertahan belajar selama minimal 3 tahun dengan materi kuliah? Mau jadi apa besok setelah lulus kuliah?

Urusan memilih jurusan kuliah ini memang tak bisa dianggap remeh. Sayangnya masih banyak kita yang tak tahu bagaimana menentukan yang paling pas untuk dirinya sendiri. Hingga akhirnya memilih jurusan dari “kata orang tua”, “ngikut teman”, bahkan yang paling parah ada yang minder hingga memilih "yang penting kuliah". Duh jangan sampai seperti itu ya gaes!

Tenang. Semua kegundah-gulanaan pasca lulus SMA juga pernah saya rasakan. Maka dari itu saya mau bagikan tips berdasarkan pengalaman yang pernah saya lewati.

1.Kenali passionmu dan cita-citamu



Sebelum melangkah lebih dalam. Penting bagi tiap orang tau passion dan cita-citamu saat ini. Apa itu passion? Atau tidak punya cita-cita?

Tenang, semua bisa ditemukan. Pun bisa berubah berkembang seiring berjalan waktu.

Menentukan passion itu mudah. Menurut Renne Suhardono (Career coach) “Passion bukanlah segala sesuatu yang kuasai, namun yang kita cintai”.

Coba lihat kegiatan apa yang sangat kamu sukai, kamu mau habiskan waktu bahkan uang, serta orang-orang dekatmu tahu kamu benar-benar suka kegiatan itu. Setelah tahun apa passionmu, selanjutnya tentukan tujuan hidup atau cita-citamu. Mau jadi apa setelah ini.

Tentu penentuan ini juga berdasarkan apa yang membuatmu bahagia kedepannya. Butuh waktu merenung dan berfikir. Sempatkanlah waktu untuk melakukan ini.

2.Dapatakan Informasi Lengkap Tentang Jurusan Impian

Ini penting setelah tahu tujuan hidup/ cita-cita dan passionmu. Akan ada banyak pilihan jurusan kuliah yang bisa dukung cita-citamu. Lalu bagaimana menentukan mana yang terbaik?

Caranya dengan mendapatkan informasi sebanyak-banyaknya dan sedetail mungkin dari mata kuliah apa yang akan diambil, model perkuliahan, bahkan kedalaman materinya juga perlu dipelajari .
Dari semua informasi lengkap tadi, bisa ditentukan apakah jurusan itu sesuai dan mampu dukung kita raih cita-cita?

Kalau dulu saya harus baca banyak buku, datang ke pameran pendidikan, bahkan ke humas kampusnya langsung. Tapi sayangnya saya jarang menemukan informasi sampai detail ke materi apa saja yang akan dipelajari. Padahal itu jelas sangat saya butuhkan. Saya tidak mau membeli kucing dalam karung. Apalagi "kucing" ini menentukan masa depan saya.

Nah baru-baru ini saya menemukan aplikasi yang jadi solusi mendapatkan informasi lengkap mengenai materi-materi dunia perkuliahan. Aplikasinya bernama Kooliah, bisa diakses dengan mudah di smartphone Android. Cukup install di playstore, lalu registrasi menggunakan email. Sederhana. Tapi tepat guna. Karena melalui aplikasi ini kita bisa dapat informasi rencana kuliah dari bermacam jurusan, materi, bahkan ada video dan latihans soal untuk test kemampuan kita. Sangat lengkap untuk bahan pengambilan keputusan terbaik untuk jurusan impian kita.

3.Dapatkan bimbingan dari mentor

Menurut KBBI, mentor adalah pembimbing atau pengasuh. Mentor hadir untuk membantu kita mendapatkan pilihan terbaik. Keputusan tentu masih ditangan kita. Tapi mentor dengan pengalaman dan pengetahuannya bisa bantu memberikan pandangan baru yang lebih pas. 
Dulu saat menentukan jurusan kuliah, saya harus bertanya-tanya ke kakak tingkat. Itupun tak semua jawabannya tidak selalu memuaskan. 

Hadirnya teknologi saat ini ternyata sudah mampu menjawab kebutuhan saya saat itu. Dalam aplikasi Kooliah yang saya sebutkan tadi, juga ada fitur bimbingan. Kooliah akan memberikan fasilitas mentoring untuk berkonsultasi bahkan mencoba perkuliahan secara singkat.

4. Pahami Belajar Di Kampus Berbeda Dengan di Sekolah

Ini sangat penting dipahami. Bahwa proses belajar di sekolah berbeda dengan di kampus. Tanggung jawab belajar di kampus ada sepenuhnya di dirimu sendiri. Tak seperti guru sekolah, dosen di kampus tidak akan "menyuapimu" dengan ilmu. Kita
 perlu pro aktif dalam proses belajar di kampus agar bisa mendapatkan ilmu maksimal. 

Aplikasi Kooliah juga memfasilitasi kita untuk mendapatkan study trial, mencoba langsung bagaimana belajar di jurusan yang kamu pilih. Ini benar-benar bermanfaat, semacam mencuri start agar bisa tentukan strategi belajar demi raih cita-cita. Wajib dicoba.

5. Terus Belajar Kembangan Studi Dengan Teknologi Terbaik

Jangan berhenti saat sudah dapatkan jurusan impian. Tetap harus belajar dan kembangkan studi. Teknologi dalam aplikasi Kooliah memungkinkan kita untuk tetap belajar dengan materi-materi yang terus diupdate oleh pengembang. Kita bahkan bisa request untuk dapatkan update materi yang kita butuhkan. Materi pun memiliki banyak jenis, dari yang berupa text, powerpoint maupun video.
Tak perlu ribet mengumpulkan file-file materi kuliah satu persatu dari flashdisk. Cukup semua sudah terkumpul dalam handphonemu, dalam aplikasi Kooliah. 

Untuk kebutuhan sehari-hari belajar melalui perangkat smartphone, tentu kita butuh handphone yang memadahi untuk belajar dan kuliah. Asus Zenfone 2 Laser (Ze601KL) jadi solusi penunjang kebutuhan tersebut.


Tampilan Asus Zenfone 2 | www.asus.com

Sebelumnya perlu diinfokan bahwa saya adalah fangirl merk Asus. Kalau kenal saya, pasti tahu semua gadget saya bermerk Asus. Komputer dirumah, handphone lama, handhphone sekarang, dan laptop semua bermerk Asus. Mengapa Asus?

Mahasiswa punya aktivitas yang beragam saat menggunakan smartphone. Dari mulai kebutuhan untuk internet, social media, game, foto, telpon & video call. Asus Zenfone 2 Laser ini cocok untuk mahasiswa dengan bentuk sisi tertipis dengan hanya 3.9 mm, tentu akan sangat nyaman dibawa mobile ke kampus, Asus zenfone 2 Laser ini juga sangat nyaman digengam saat digunakan untuk membaca-baca materi dari Kooliah. Layar 6.0'' yang cukup besar membuat tampilan aplikasi dan bacaan di aplikasi Kooliah atau ebook bisa terbaca dengan nyaman. 

Spesifikasi Asus Zenfone 2 Laser 
Yang pasti dengan spesifikasi handphone dan tampilan kelas premium, Asus zenfone 2 Laser ini juga memiliki harga yang terjangkau. Cocok buat yang hendak melengkapi kebutuhan kampus. Kampus Baru. Hape Baru! Siapa tak mau! Apalagi bisa dukung proses belajar semakin maksimal.

Saya yang sudah dapat jurusan impian saja senang bisa menemukan aplikasi Kooliah, apalagi kamu yang jelas butuh aplikasi ini. Yuk install sekarang dan temukan kemudahan belajar dengan teknologi bersama Kooliah dan Asus Zenfone 2 Laser (Ze601KL)!



Komentar

  1. Semoga jurusan yang saya pilih tidak salah wkwkwk

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pentingnya memakai serum rambut rontok!

Review Gio Dental Care Jogja Tambal Gigi Depan

Cerita Nikah - Biaya Nikah Hemat di Masa Pandemi Jogja