Catatan Harian Mega

Sunday, January 27, 2019

7 Tips Memilih Perangkat Smartphone untuk Orang tua

| Sunday, January 27, 2019

“Jaman sekarang, anak millennial itu malah kalah sama ibu-ibu” kata pak Ma'ruf Cahyono Sekjen MPR RI sambil bercanda, dalam sebuah pertemuan santai bersama blogger yang saya hadiri beberapa waktu lalu.

Beliau kemudian menceritakan bagaimana ibu-ibu sekarang bangun tidur langsung megang HP, whatsappan, facebookan. Malah lebih aktif dibanding generasi millennial yang terkenal tak bisa lepas dari gadget.


Ilustrasi emak-emak dan HP. Jangan gini ya buk pak! :D

Dalam hati saya membenarkan. Dirumah, orang tua saya sudah cukup lama punya smartphone dengan hampir semua akun sosmed. Kalau dulu hiburan malam hari adalah nonton tv, sekarang bapak ibu lebih sering asyik main gadget.

 “Meski udah aki-aki nini-nini tep harus hits!” Prinsip ibu saya.

 Bhaik!

 Keinginan hits orang tua ini jadi PR bagi saya dan kita anak-anaknya. Apalagi keinginannya suka aneh-aneh.
“Beliin yang kalau buka yutub cepet”
“Hp yang sinyalnya banyak,”
“Hp yang suaranya kenceng kalau buat telponan!”

 Hayoo familier dengan requestan aneh-aneh seperti ini? Hehe…


Berdasarkan pengalaman beberapa tahun memilihkan dan jadi tutor penggunaan hp untuk orang tua, secara umum kebutuhan orang tua untuk memiliki perangkat smartphone sebenarnya sepele saja.

1. Suara jelas saat telpon
Fungsi utama smartphone untuk berbicara langsung dengan anak, cucu dan keluarga jadi hal paling penting. Apalagi kadang mereka suka tidak sabar untuk mengetik di keypad. Suka typo-typo dan salah tangkap maksud pesan. Bicara dapat membuat informasi tersampaikan dengan jelas.

2. Bisa whatsapp, facebook, video call, liat foto dan video
Ini tampaknya jadi tuntutan perkembangan jaman dan teknologi. Bisa whatsappan tiap hari sama anak-cucu, gabung ke group alumni dengan segala pesan share hoax dan humor receh, serta  bisa video-video lucu dan berita. Fitur-fitur dan aplikasi populer harus bisa digunakan dengan baik.

3. Gak lemot
Lemot ini sebenarnya bisa disebabkan oleh perangkat smartphonenya atau provider sinyal. Tapi dari sisi smartphone, dibutuhkan memori yang cukup besar, dengan prosessor mumpuni agar bisa digunakan untuk orang tua yang sukanya penasaran pengen tahu dan dibuka.

4. Baterai dengan kapasitas besar
Kapasitas baterai yang besar dan kalau bisa dengan fast charging jadi tidak perlu bolak balik dan lama ngecharge.

5. Bisa untuk Game
Game tentu tidak perlu yang kelas tinggi dan berat, apalagi game online. Orang tua cuma butuh game-game yang biasa saja untuk hiburan di waktu senggang. Kalau ibu dan bapak saya sih biasanya game Zombie.

6. Layar dan tulisan cukup besar
Ini penting banget karena memafsilitasi orang tua membaca tulisan dan mengetik dengan minim typo.

7. Harganya jangan terlalu mahal.
Ini berdasarkan pengalaman bapak saya sendiri, yang sering lupa menaruh HP dan hilang. Iya, kadang sayang aja kalau harus beli mahal dengan fitur yang tidak digunakan secara maksimal.
Pilihkan saja smartphone yang harganya sedang tapi juga bisa mengakomodir kebutuhan.

Kebetulan sejak akhir tahun lalu orang tua saya sudah sambat tentang HP yang dipakai, katanya sudah lemot dan baterai cepat habis. Berdasarkan tujuh tips diatas Alhamdulillah saya sudah menemukan HP smartphone yang pas untuk kebutuhan mereka.

Jawabannya ada di ZenFone-Max-M2.




Kalau yang kenal saya pasti tahu banget saya memang Asus Fangirl. Dari laptop sampai dengan hp, selalu merk satu ini. Yha gimana.. sudah terlalu cinta sist. Harganya terjangkau, dan saya bisa dapat smartphone berkelas.

Sama seperti Zenfone-Max M2 ini. Berikut ini tabel spesifikasi untuk Zenfone-Max M2.

Sumber: https://www.asus.com/id/Phone/ZenFone-Max-M2/Tech-Specs/

Mengapa saya memilih hp Zenfone-Max M2 untuk orang tua saya, ini beberapa alasan utamanya. 

LAYAR BESAR LEGA UNTUK PANDANGAN MATA
Satu poin yang paling menarik perhatian saya dalam memilihkan smartphone untuk orang tua adalah ukuran layar. Dengan layar 6,3 inchi 19:9 resolusi HD+, Zenfone-Max M2 sangat cocok untuk orang tua. Dengan tampilan yang lega dan tulisan yang tentu bisa dibesarkan secara maksimal, orang tua tak perlu mempermasalahkan nyari kacamata atau mengeluh tulisan terlalu kecil tak terbaca.

PROSESOR TERBARU DENGAN PERFORMA TINGGI



Zenfone Max (M2)
dilengkapi dengan prosessor terbaru Qualcomm Snapdragon 632, yaitu prosesor terbaru yang kencang namun tetap hemat energi dengan performa tinggi, hemat daya tapi juga tidak panas. Ditambah dengan sistem operasi Android Oreo 8.0 yang terkenal enteng, smartphone ini mampu memuaskan orang tua saya karena gak lemot saat main game, akses group-group alumni, dan liat video-video receh berkali-kali. :D

KAPASITAS BATERAI YANG BESAR



Ditambah baterai 4.000 mAh. Drama cari charger atau colokan karena baterai habis bakal berkurang karena baterai awet dan cepat pula dichargenya. Kita sebagai anak pun tak perlu khawatir ketika orang tua tidak bisa di hubungi karena batre habis. Kapasitas 4.000mAH sangat besar, cukup untuk 33 hari standby di sinyal 4G , 21 jam memutar video, dan 35 jam untuk berbicara dengan sinyal 3G.

GAK ADA LAGI TELPON TAK DENGAN SUARA KECIL 



Nah ini yang paling oke! Zenfone-Max M2 menggunakan teknologi 4 magnet loudspeaker yang memberikan kualitas 67% suara lebih keras. Gak ada lagi deh cerita telponan sama bapak ibu harus teriak-teriak.

Duh bahagia banget rasanya nemu hape ini.

Kalau kamu sendiri gimana? Punya pengalaman memilihkan untuk orang tua? Share di kolom komentar yukk

Sumber ilustrasi & gambar: Freepik.com & asus.com

Related Posts

No comments:

Post a Comment