Pernah tidak membayangkan kaum manusia berbondong-bondong pindah ke planet Mars seperti di film-film. Sebenarnya mungkinkah manusia itu jadi penghuni planet Mars? Seperti apa kehidupan manusia jika tinggal di planet Mars?

Mengenal planet Mars

Planet mars adalah planet yang memiliki ukurang kurang dari setengah ukuran planet bumi. Namun permukaan planet Mars yang bisa dikunjungi memiliki luas yang sama dengan permukaan daratan yang ada di planet bumi.

Planet mars memiliki atmosfir 1/100 (satu per seratus) dari atmosfir di bumi. Atmosfir di Mars terdiri dari 96% gas Karbondioksida dan memiliki suhu yang sangat dingin dengan angka rata-rata minus 62% celcius.

Meskipun kondisinya terlihat sangat ekstrim, sebenarnya planet mars adalah planet yang paling memungkinkan untuk ditinggali oleh manusia.

Kemungkinan hidup di Planet Mars

Menurut Kepala Ilmuan di National Aeronautics and Space Administration, disingkat NASA, Jim Green, mengkonfirmasi bahwa manusia mungkin sekali untuk tinggal di planet merah, Mars. Alasannya karena Mars merupakan planet yang paling mirip dengan Bumi jika dibanding dengan planet lain. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat manusia tinggal di Mars, yaitu:

1. Harus menggunakan pakaian antariksa setiap waktu

Cuaca yang sangat ekstrim dimiliki oleh planet Mars. Oleh karena itu pakaian antariksa wajib digunakan untuk melindungi tubuh. Perbedaan suhu antara hari bisa mencapai 170 derajat celcius dengan suhu rata-rata di bawah nol derajat. Jika manusia hidup di sana tanpa pakaian antariksa tentu akan berdampak buruk terhadap kesehatan dan keselamatan jiwa.

2. Harus menempuh perjalanan selama sekitar 8 bulan

Jarak mars ke bumi jauhnya 1000 kali jarak bumi ke bulan. Jika sebelumnya penerbangan astronaut Apollo ke bulan butuh waktu tiga hari. Maka untuk menuju planet Mars, manusia perlu menempuh 250.000.000 (dua ratus lima puluh juta) mil dari planet bumi. Kurang lebih waktu yang dibutuhkan selama delapan bulan.

3. Perlu terbiasa dengan badai debu

Seperti layaknya di bumi, Planet mars juga memiliki pergantian musim. Musim yang terjadi adalah musim panas yang terjadi setiap 26 bulan sekali dengan ditandai badai debu yang dahsyat. Badai ini membuat kondisi sekitar menjadi gelap di siang hingga sore hari.

4. Membangun peradaban baru

Manusia kelak yang akan tinggal di Mars harus membangun peradaban baru, terutama dalam membuat sumber makanan dengan bertani. Banyak penelitian dan ilmuwan yang menyatakan bahwa Mars sangat bisa ditanami dengan beberapa tanaman di bumi, yaitu kacang, asparagus, serta kentang.

Selain itu perlu kemampuan untuk membangun infrastruktur di planet Mars. Oleh karena itu dibutuhkan manusia pertama yang bisa mudah beradaptasi dan bisa membangun peradaban baru di planet ini jika suatu saat kelak manusia tinggal di Mars.

Saat ini Negara-negara dari mulai Amerika, Eropa, Jepang, China, bahkan Negara Indoa mulai meluncurkan roket-roket menuju planet mars. Namun dari semua roket tersebut hanya sepertiga yang berhasil mendarat dengan baik di planet Mars.

Menurut Nasa sendiri, manusia bisa mulai dikirim ke planet mars pada tahun 2040, sekitar 20 tahun an lagi. Namun menurut Elon Musk, pemilik perusahaan antariksa Space- X menyatakan bahwa manusia bisa mendarat di Mars pada tahun 2025.

Nah bagaimana pendapatmu, apakah kamu mau jika dikirimkan ke Mars? Kita tunggu saja apakah beberapa tahun lagi semua ini bisa terwujud!