Catatan Harian Mega

Tuesday, July 30, 2013

Mengenal Wanita : Istihadlah & Haid

| Tuesday, July 30, 2013
Post kali ini berawal dari ketidak-pahaman saya terhadap diri saya sendiri. Loh? Kok bisa? Ya ilmu di bumi Allah itu sangat luas, kita manusia memang nggak seharusnya berhenti belajar. Tema post nya Mengenal Wanita, bukan mengenal buat dapet jodoh, atau mengenal buat di bribik lho ya :p
Maksud saya mengenal hal-hal yang terkait wanita. Dan ini post bukan khusus buat wanita doang, saya juga harap pria-pria, calon bapak dan suami juga tahu masalah beginian. Walaupun mungkin bukan calon dokter / ustadz , cuma minimal pasti bakal ngajari dan memahami istri dan anak perempuan kalian kelak dong. Dari pada anak-anak tau informasi nggak jelas dari luar sana mengenai hal penting yang kata orang agak sensifit ini, mending tau langsung dari ayah ibunya. :)

Apa sih Istihadlah itu?
Ini ane kutip aja ya dari situs : muslimah.or.id
Al Imam Al Qurthubi rahimahullaah mensifatkannya dengan darah segar yang di luar kebiasaan seorang wanita disebabkan urat yang terputus (Jami’ li Ahkamil Qur’an 3/57).
Syaikh Al Utsaimin rahimahullaah memberikan definisi istihadlah dengan darah yang terus menerus keluar dari seorang wanita dan tidak terputus selamanya atau terputus sehari dua hari dalam sebulan. 
cek disini untuk lengkapnya ~> http://muslimah.or.id/fikih/hukum-seputar-darah-wanita-istihadlah.html

Nah lalu bedanya dengan haid gimana? saya ambil dari web yang sama juga bedanya seperti ini :


  • Perbedaan warna. Darah haid umumnya hitam sedangkan darah istihadlah umumnya merah segar.
  • Kelunakan dan kerasnya. Darah haid sifatnya keras sedangkan istihadlah lunak.
  • Kekentalannya. Darah haid kental sedangkan darah istihadlah sebaliknya.
  • Aromanya. Darah haid beraroma tidak sedap/busuk.
  • Lalu gimana dengan status hukum untuk beribadah ?

    Hukum wanita yang istihadlah sama seperti hukum wanita yang suci
     Namun jika akan berwudhu, wanita yang istihadlah harus membersihkan diri dari darah yang ada dan memakai pembalut yang bersih untuk menahan darahnya yang mengalir.

    Untuk detailnya bisa dilihat di link yang saya kasih diatas. Saya cari info ini bukan cuma dari internet. Sekarang saya lagi mengalami istihadlah. Kata nya sih gegara kecapekan dan lagi banyak pikiran. Awalnya kaget karena belum pernah. Saya biasa haid 1 minggu, eh bulan ini 10 hari. Baru jeda 10 hari suci eh ada darah lagi. Bukan haid karena record haid saya selama ini nggak pernah kaya gini, dan dari ciri2 pun berbeda rasanya bukan haid. Makanya saya segera tanya-tanya ke mereka yang paham tentang ini, dan juga ustadzah terutama juga terkait puasa, karena ini lagi ramadhan. Jadi tahu deh tentang hal-hal seperti ini. Semoga bermanfaat ya, tetap semangat jaga kesehatan :)

    *Doakan saya cepet sembuh ya, kayaknya saya mulai kena anemia :(

    Related Posts

    1 comment:

    1. tag nya ada 'mbribik' og piye -_-
      makasih ya infonya, semoga mbak mega cepet sehat :)

      ReplyDelete