Catatan Harian Mega

Sunday, August 05, 2012

Layouter, nglayout, dan membuat layout Buletin Elektika

| Sunday, August 05, 2012
Edisi buletin Hima kampus kali ini, dapet jatah nglayout, alias jadi layout atau membuat layout. 
Ternyata pekerjaan satu ini cukup riweh...
pertama. karena jarang pakai photoshop dan template sama contoh buletin sebelumnya itu pakai photoshop. Udah nyobain pakai fireworks dimana saya lebih familier, eh ternyata malah error, ga tau deh tadi kenapa. Yaa..akhirnya harus mulai membiasakan diri pakai photoshop. Agak bingung & lama gitu deh pakai photoshop. Mau ganti warna atau bikin tulisan rata kanan kiri aja harus nanya dan mikir :D

Yang kedua, ternyata nglayout itu susah bung! ini pertama kali saya nglayout, dan susahnya itu pas harus ngepas-ngepasin konten sama eyecatching nya buletin. Nglayout yang cuma 8 lembar aja lama, ga kebayang deh kalau jadi layouter koran terbit harian itu , mereka pasti udah canggih banget yee...

Oh ya dari pengalaman nglayout saya jadi inget materi dari Dosen Bahasa Indonesia, tentang nglayout. Yang dibahas itu tentang pulau-pulau ( pak dosen ngucapnya Pulo, ga tau tulisan yang bener Pulo atau Pulau tapi saya pakai Pulau saja ) dalam tulisan yang mau dicetak. 
contohnya kayak gini nih : 
" OSPEK memang menjadi suatu kesan bagi            tiap mahasiswa baru sebelum mengikuti kegiatan perkuliahan.           Penugasan dari panitia yang seringkali menyulitkan mahasiswa baru dimanfaatkan oleh para pedagang       untuk meraup keuntungan dengan menyediakan                  keperluan       untuk OSPEK . Beberapa memang              membantu mahasiswa baru namun juga berefek pada kesan mahasiswa baru dalam mengikuti kegiatan OSPEK."

di kalimat diatas itu kan ada jeda-jeda tiap kata. Nah itu yang disebut pulau kata pak Dosen. Salah satu tugas Layouter itu ngilangin pulau-pulau itu biar ga ada terlalu banyak soalnya pulau-pulau itu kan bikin tulisan makan tempat. Dan itu memang jlimet...butuh ketelatenan. keren deh buat layouter- layouter itu...ga nyangka kerjaanya rumit gini.

Dan untuk buletin ini semoga layout nya ga kacau gara-gara saya bikin. Alhamdulillah dapat kesempatan bisa belajar nglayout, pelajaran yang saya dapet sih intinya  "Jangan ngremehin orang lain, kerjaan orang lain. Kita nggak tahu seberapa besar- dan banyak pengorbanan untuk usahanya " 

Terlalu jauh yeee dari tema nglayout, tapi emang itu yang saya dapat petik :)
Bismillah..udah dulu deh..mau lanjut tidur dulu, besok pagi ada agenda liputan untuk Ospek UNY 2012, kalau sempat nanti saya critain disini :)

Related Posts

No comments:

Post a Comment